web analytics
  

Lima Transfer Teraneh dalam Sepak Bola, Salah Satunya di Indonesia

Sabtu, 3 Februari 2018 09:30 WIB Arfian Jamul Jawaami
Olahraga - Sport, Lima Transfer Teraneh dalam Sepak Bola, Salah Satunya di Indonesia, transfer pemain sepak bola teraneh di dunia, transfer pemain sepak bola

Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Di Rumania, jasa seorang pemain sepak bola pernah ditukar dengan 15 kilogram sosis babi. Proses transfer tersebut berlangsung pada tahun 2006 yang melibatkan Marius Cioara serta dua tim penghuni kasta bawah Liga Rumania yakni Arad dan Regal Hornia.

Selain transfer aneh Marius Cioara, dunia sepak bola ternyata masih menyimpan begitu banyak cerita unik mengenai perpindahan pemain. Untuk itu ayobandung merangkum lima transfer pemain sepak bola teraneh sepanjang sejarah.

 

#1 Gary Pallister (Middlesbrough)
Pada tahun 1989, Manchester United berhasil mendapatkan tanda tangan Gary Pallister dari Middlesbrough dengan mahar sebesar 2,3 poundsterling. Angka tersebut menjadikan Pallister berdiri sebagai pemain bertahan termahal seantero Britania Raya.

Pembelian fantastis Pallister tidak berujung sia-sia karena Setan Merah berhasil meraih serangkaian gelar prestisius yakni empat trofi Liga Inggris, tiga Piala FA, serta satu titel juara Piala Winners Eropa.

Namun, lima tahun sebelum Pallister mengenakan jersey merah United, ternyata mantan punggawa timnas Inggris tersebut pernah terlibat dalam kisah transfer yang unik. 

Seperti dikutip dari Metro, Pallister yang ketika itu masih membela Billingham Town berhasil dibeli Middlesbrough melalui pertukaran dengan beberapa jersey, bola, dan jaring gawang. 

Sumber foto : worldfootball.net

#2 Hugh Mclenahan (Manchester United)
Untuk kasus transfer Hugh Mclenahan, nampaknya Manchester United menang banyak. Ketika itu Stockport County, klub Mclenahan, tengah menggelar bazar dengan tujuan penambahan pemasukan. Wajar karena Stockport tengah dilanda krisis finansial.

Melihat kondisi tersebut, asisten manajer The Red Devils, Louis Rocca punya ide menggelitik. Dikutip dari Sabotage Times, Rocca, yang juga memiliki bisnis es krim kemudian menawarkan sebuah kulkas kepada pihak Stockport untuk dapat ditukar dengan Mclenahan. Apakah berhasil? Setidaknya Mclenahan bermain di 100 laga bersama United setelah itu. 

Sumber foto : inkhell.com

#3 Ian Wright (Crystal Palace)
Ian Wright merupakan salah satu legenda Arsenal yang begitu dicintai publik London Utara. Namun, sebelum begitu populer bersama The Gunners ternyata Ian Wright pernah terlibat dalam cerita transfer yang menggelikan.

Penampilan gemilang Ian Wright muda saat memperkuat Greenwich Borough berhasil menarik hati manajer Crystal Palace ketika itu, Steve Coppell. Namun, seperti dikutip dari Bleacher Report, Coppell enggan mengeluarkan uang sehingga menukar Wright dengan seperangkat alat beban dibayar tunai.

Sumber foto : wordfootball.net

#4 Indriyanto Nugroho (Pelita Jaya)
Transfer Indriyanto Nugroho dari Arseto Solo ke Pelita Jaya pada tahun 1996 dapat dikatakan sebagai pembelian pemain paling murah sepanjang sejarah sepak bola dunia. Pasalnya, Pelita Jaya hanya perlu mengeluarkan mahar sebesar Rp 100.

Padahal Indriyanto merupakan salah satu bakat muda terbaik sepak bola Indonesia ketika itu. Indriyanto pernah menjadi bagian dari tim Primavera yang berkesempatan berlatih di Italia selama dua tahun.

Mahar Rp 100 perak yang diminta Arseto merupakan simbol penghinaan dan bentuk kekecewaan kepada Indriyanto dan Nirwan Bakrie selaku pemilik Pelita Jaya dan Direktur Komite Tim Nasional PSSI.

Cerita dimulai ketika Indriyanto yang merupakan pemain Arseto justru ikut berlatih bersama Pelita Jaya. Lalu Nirwan turut memanaskan suasana dengan mengatakan bahwa Indriyanto tidak terikat kontrak dengan Arseto.

Arseto kecewa lantaran merasa diperlakukan tidak adil. PSSI kemudian hadir sebagai jembatan mediasi dengan mempertemukan antara pihak Arseto dengan Pelita Jaya.  

Dalam pertemuan tersebut, Pelita Jaya bersedia membeli Indrianto dari Arseto. Namun Arseto sudah terlanjur dikecewakan sehingga hanya meminta mahar sebesar Rp 100 sebagai bentuk dari penghinaan kepada Indriyanto. Sejak saat itu Indriyanto dijuluki dengan “Mister Cepek”.

Sumber : fourfourtwo.com

#5 Eric Djemba-Djemba (Persipa Padalarang)
Sebenarnya tidak ada yang salah dengan transfer Eric Djemba-Djemba, hanya saja, sangat mengejutkan. Bukan hanya mengejutkan bagi publik Indonesia, tapi juga dunia lantaran status Eric sebagai salah satu pemain Kamerun terbaik.

Bagaimana tidak mengejutkan? Dikutip dari Four Four Two, pemain yang pernah menarik hati pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson tersebut mesti melanjutkan karirnya di Liga Antar Kampung Indonesia bersama Persipa Padalarang.

Cerita dimulai ketika Persebaya berhasil mengontrak Eric pada tahun 2015. Namun, kompetisi Liga Indonesia ketika itu tengah labil dan berakhir penghentian. Alhasil, kontrak Eric di Persebaya diputus. Sejak itu Eric bermain untuk klub amatir Persipa Padalarang di Indonesian Village Sunday League.

Jika melihat portfolio Eric, maka Persipa perlu bersyukur. Eric pernah membela Manchester United setelah dibeli dari Nantes pada tahun 2003. Dua musim berseragam United, Eric kemudian pindah ke Aston Villa dan dipinjamkan ke Burnley.

Setelah itu, petualangan karir Eric berlanjut ke beberapa kompetisi sepak bola di India, Qatar, Denmark, Israel, Skotlandia, Serbia, Indonesia dan Swiss.

Sumber foto : Wikipedia

Editor: Asri Wuni Wulandari
dewanpers