web analytics
  

2 Stadion Ini Diusulkan Jadi Venue Asian Games

Jumat, 2 Februari 2018 13:45 WIB Mildan Abdalloh
Olahraga - Sport, 2 Stadion Ini Diusulkan Jadi Venue Asian Games, asian games 2018, asian games jabar 2018, pemprov jabar, iwa karniwa, stadion gbla bandung, stadion si jalak harupat

Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Bandung. (ayobandung/Ramdhani)

GEDUNG SATE, AYOBANDUNG.COM – Stadion Gelora Bandung Lautan Api dan Si Jalak Harupat diajukan untuk dijadikan lokasi dilangsungkannya laga final dan semifinal cabang olahraga sepak bola dalam ajang Asian Games 2018.

“Kami (Pemerintah Provinsi Jawa Barat) mengusulkan Stadion GBLA dan Si Jalak Harupat untuk venue semifinal dan final,” ujar Sekretaris Daerah Jawa Barat, Iwa Karniwa usai rapat koordinasi persiapan Asian Games 2018 bersama Staf Presiden RI di Gedung Sate, Bandung, Jumat (2/2/2018).

Secara keseluruhan, ada lima stadion di Jawa Barat yang bakal dijadikan lokasi dilangsungkannya pertandingan cabang olahraga sepak bola dalam Asian Games 2018. Selain GBLA dan Si Jalak Harupat, tiga stadion lain disiapkan untuk penyelenggaraan laga penyisihan. Di antaranya Stadion Patriot Chandrabaga (Kota Bekasi), Stadion Wibawamukti (Kabupaten Bekasi), dan Stadion Pakansari (Cibinong, Kabupaten Bogor).

Saat ini, lima stadion tersebut sedang dalam tahap penyiapan dan perbaikan yang dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Staf Presiden RI, Agoeng Soerdjono mengatakan jika usulan tersebut menjadi salah satu pertimbangan panitia untuk menentukan venue. "Ada pantia yang melakukan assessment, sekarang sedang disusun. Siang ini akan ada rapat koordinasi di Hotel Santika untuk melihat kesiapan, termasuk venue semifinal dan final sepak bola," ujarnya.

Agoeng mengatakan, dengan pelaksanaan Asian Games yang masih beberapa bulan lagi, berbagai persiapan masih bisa dilakukan. "Masih ada waktu enam bulan. Selama itu bisa mengefektifkan pelaksanaannya," ujarnya.

Sarana Latihan Atlet

Selain mengusulkan lima stadion untuk pertandingan cabang olahraga sepak bola, Pemprov Jabar juga menyiapkan sarana latihan bagi para atlet. Sarana latihan tersebut berjarak kira-kira 30 menit dari hotel tempat para atlet menginap.

Untuk pertandingan sepak bola yang menggunakan Stadion GBLA, para atlet dipersilakan berlatih di Lapangan Sabuga dan Sport Center Arcamanik. Sementara pertandingan yang menggunakan Stadion Si Jalak Harupat, disiapkan tempat latihan di Lapangan Universitas Padjadjaran, Jatinangor dan Stadion Siliwangi.

Pertandingan yang menggunakan Stadion Pakansari akan menggunakan Stadion Persikabo dan Stadion Pajajaran, Kota Bogor untuk tempat latihan. Lalu, Lapangan Sutamsoma 77 dan Lapangan Muda Jaya atau fasos Sumarecon akan menjadi tempat latihan bagi pertandingan yang digelar di Stadion Wibawa Mukti. Sedangkan untuk pertandingan yang menggunakan Stadion Patriot akan menggunakan Lapangan A dan B GBK.

Editor: Asri Wuni Wulandari

artikel terkait

dewanpers