web analytics
  

6 Objek Wisata di Bandung Timur yang Patut Dikunjungi

Senin, 25 Desember 2017 09:52 WIB Adi Ginanjar Maulana
Gaya Hidup - Wisata, 6 Objek Wisata di Bandung Timur yang Patut Dikunjungi, Wisata bandung timur,curug cinulang,curug cilengkrang,villa kancil,batu templek,saung udjo

Curug Batu Templek salah satu objek wisata di Bandung bagian timur.(Arfian)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Bagi Anda yang ingin mengisi liburan akhir tahun dengan modal "pas-pasan" tidak ada salahnya berkunjung ke sejumlah objek wisata di Bandung bagian timur.

ayobandung.com mencoba merangkum beberapa objek wisata di Bandung bagian timur yang pas untuk kantong Anda.

Batu Templek

Wisata alam di Kabupaten Bandung seolah tak pernah kehabisan potensi. Kali ini, Curug Batu Templek yang terletak Jalan Pasir Impun Atas Desa Cikadut Kecamatan Cimenyan mulai terdeteksi.

Curug yang dengan ketinggian lebih 53 meter itu menyuguhkan panorama alam khas pegunungan yang sejuk dan asri. Lekukan batu dinding curug yang terbentuk secara alami juga menjadi daya tarik tersendiri.

Di balik itu, kemolekan Curug Batu Templek belum dijamahi banyak orang. Destinasi wisata alternatif satu ini masih belum masuk ke dalam radar wisatawan.

Saung Angklung  Udjo

Kini Saung Mang Udjo merupakan sanggar angklung terbesar di dunia dengan pertunjukan terbanyak setiap harinya. Minimal pertunjukan digelar sebanyak tiga kali dalam satu hari. Bahkan beberapa kali Saung Mang Udjo pernah mencatatkan 11 penampilan dalam sehari.

Padahal Saung Mang Udjo yang berdiri pada tahun 1966 berawal dari sebuah rumah petak sederhana milik Udjo Ngalagena dan istrinya Uum Sumiati seluas 100 meter persegi dan ditinggali oleh 10 orang anak.

Namun dalam perjalanannya, keyakinan dan kesederhanaan tersebut justru membawa Saung Mang Udjo berkeliling dunia guna memperkenalkan angklung dan nama Indonesia khususnya budaya Sunda melalui penampilan musikal di lima benua.

Villa Kancil

Mengusung konsep wisata edukasi, Villa Kancil menjadi tujuan favorit outbond anak-anak sekolah dasar di wilayah Bandung timur. Tak berlebihan, sejumlah wahana edukatif bisa dinikmati di sini.

Berdiri sejak 2013, Villa Kancil punya strategi jitu membuat anak betah belajar sambil bermain. Sebut saja wahana papan keseimbangan. Di sini anak-anak bisa belajar bagaimana mengatur keseimbangan diri.

Untuk uji mental, anak bisa bermain flying fox. Sementara untuk uji ketahanan dan ketangkasan fisik, pengunjung bisa menikmati wahana panahan, climbing web, ATV, high ropeclimbing wall, dan lainnya.

Batu Kuda

Bagi Anda yang ingin menikmati suasana alam dan berkemah tanpa melakoni perjalanan jauh dan bermacet-macetan, Bumi Perkemahan Batu Kuda bisa menjadi alternatif.

Terletak di Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Batu Kuda berjarak sekitar 28 kilometer dari pusat Kota Bandung. Jaraknya tak berbeda jauh jika dibandingkan dengan lokasi wisata alam lain di kawasan Ciwidey atau Lembang. Namun akses menuju Batu Kuda bebas dari kemacetan.

Batu kuda bisa diakses menggunakan sepeda motor, bahkan mobil. Letaknya yang berada di kaki Gunung Manglayang dan dekat dengan pemukiman warga membuat akses jalan tak sulit dilalui.

Pengunjung dapat menghirup udara segar dan menikmati suasana asri khas pegunungan. Areal perkemahan seluas 20 hektar ini dipenuhi pohon pinus, cemara, dan kaliandra.

Curug Cilengkrang

Objek Wisata Curug Cilengkrang di Kabupaten Bandung menawarkan beberapa curug atau air terjun yang bisa menghilangkan kejenuhan, kondisi air yang jernih dikelilingi pohon-pohon rindang menambah kesan kesejukan.

Di objek wisata tersebut terdapat tujuh curug yang bisa dinikmati para pengunjung.

Air terjun terakhir yakni curug tujuh bisa ditempuh sekitar 3-4 jam perjalanan dengan lokasi yang cukup jauh dari pintu gerbang sekitar 2 kilometer.

Curug Cinulang

Perjalanan dari pusat Kota Bandung bisa memakan waktu sampai dua jam, namun akses menuju Curug Cinulang terbilang mudah. Dari Jalan Raya Cicalengka, pengunjung dapat langsung mengikuti penunjuk jalan yang langsung menuntun menuju lokasi di Desa Sindulang, Kecamatan Cumanggung, Kabupaten Sumedang,

Sempitnya badan jalan tidak memungkinkan pengunjung untuk datang menggunakan bus. Perjalanan menuju lokasi hanya dapat dijangkau menggunakan kendaraan roda dua ataupun empat.

Editor: Adi Ginanjar Maulana

artikel terkait

dewanpers