web analytics
  

Solusi Alternatif Transportasi di Bandung : Numpak Sepeda

Rabu, 20 Desember 2017 15:28 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Bandung Raya - Bandung, Solusi Alternatif Transportasi di Bandung : Numpak Sepeda, sepeda bandung, bike sharing bandung, program bike sharing bandung, bike to work bandung, program boseh bandung, aplikasi obike bandung

Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM – Warga Bandung kini punya opsi transportasi umum lebih banyak. Soalnya kini Pemerintah Kota Bandung bekerja sama dengan oBike Indonesia merilis sistem penyewaan sepeda berbasis aplikasi. Namanya, oBike.

Dari fungsinya, sepeda oBike ini mirip dengan sepeda Boseh (Bike on the Street Everybody Happy) yang telah dirilis sekitar lima bulan yang lalu. Meski mirip, tapi keduanya punya perbedaan.

"Sistemnya agak beda. Untuk yang pertama Boseh, sistem docking atau kuncinya fisik. Sedangkan oBike, virtual karena berbasis aplikasi. Sistem tap oBike juha menggunakan aplikasi, kalau Boseh menggunakan uang elektronik. Tapi pinsipnya sama untuk pelayanan pesepeda di Kota Bandung," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Didi Ruswan di Bandung Planning Gallery, Rabu (20/12/2017).

oBike sendiri akan ditempatkan di 65 hotel yang terhimpun di Indonesian Hotel General Manager Association Chapter Parahyangan (IHGMA Chapter Parahyangan). Sementara sepeda Boseh dapat ditemukan di berbagai shelter yang ada di pusat-pusat keramaian.

“Sasaran oBike tentu wisatawan dan turis yang menginap di hotel. Tapi untuk warga Bandung juga boleh menggunakan,” ujar Didi.

oBike dan Boseh, kata Didi, bakal saling melengkapi dalam mewadahi keinginan warga serta wisatawan yang ingin berkeliling Kota Bandung dengan sepeda.

Sepeda sebagai Solusi Alternatif Transportasi

Berjalan selama berbulan-bulan, sesungguhnya program bike sharing ini menarik minat masyarakat Bandung maupun wisatawan. Hanya saja belakangan Boseh tengah mengalami kendala teknis karena tengah melakukan peningkatan kualitas program. "Boseh sekarang lagi di-upgrade untuk bisa dibuka kembali sehingga e-Money yang digunakan di tol atau lainnya bisa juga digunakan untuk bike sharing itu. Insya Allah awal tahun sudah bisa operasi. oBike juga sebagai solusi alternatif lainnya," kata Didi.    Oleh karenanya, Didi pun berharap dengan adanya sepeda Obike dapat meningkatkan minat masyarakat untuk menjadikan sepeda sebagai moda transportasi sehari-hari.   "Di Mexico City dari 10 orang yang telah mencoba bike sharing, dua orang memutuskan untuk membeli sepeda dan tujuh orang menjadi pelanggan bike sharing. Semoga di Bandung saya harap juga seperti itu," pungkasnya.         

Oleh karenanya, Didi berharap, adanya sepeda oBike ini dapat meningkatkan minat masyarakat untuk menjadikan sepeda sebagai moda transportasi sehari-hari.

Editor: Asri Wuni Wulandari
dewanpers