web analytics
  

Pertama dalam Dua Abad, Kaisar Jepang Bakal Turun Takhta

Jumat, 1 Desember 2017 15:10 WIB Asri Wuni Wulandari
Umum - Internasional, Pertama dalam Dua Abad, Kaisar Jepang Bakal Turun Takhta, kaisar jepang, kaisar jepang lengser, kaisar jepang turun takhta, kaisar jepang mengundurkan diri

Kaisar Jepang Akihito bersama Permaisuri Michiko. (REUTERS/Itsuo Inouye)

AYOBANDUNG.COMKaisar Jepang Akihito bakal turun takhta pada 30 April 2019 mendatang. Ia menjadi kaisar pertama yang menurunkan takhtanya selama dua abad sejarah kekaisaran Jepang, yang diyakini sebagai yang tertua di dunia.

Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe mengaku terharu atas keputusan yang diambil setelah sebuah pertemuan khusus Dewan Imperial. Pertemuan itu bertujuan untuk memutuskan tanggal bagi pria berusia 83 tahun itu untuk mengundurkan diri lantaran alasan kesehatan.

“Pemerintah akan berusaha sekuat tenaga untuk memastikan agar rakyat Jepang bisa merayakan pelepasan kaisar dan suksesi putra mahkota,” ujar Abe sebagaimana dilansir dari The Telegraph pada Jumat (1/12/2017).

Anak tertua Akihito, Putra Mahkota Naruhito yang kini tengah berusia 57 tahun, diprediksi bakal naik takhta menggantikan sang ayah.

Kabar itu tentu membikin rakyat Jepang terkejut. Sebelumnya, Akihito sempat memberikan pernyataan yang mengejutkan pada tahun 2016 lalu. Saat itu ia memberi isyarat soal keinginannya untuk mengundurkan diri setelah hampir tiga dasawarsa. Ia menyebut jika usia dan masalah kesehatan menjadi alasan terkuatnya.

Akihito adalah orang ke-125 yang duduk di singgasana kekaisaran sejak Kaisar Jimmu, yang disebut-sebut sebagai keturunan dewi matahari. Ia telah memainkan peran penting dalam agama Shinto di Negara ini. Selain itu, tak ada pembicaraan soal gerakan-gerakan kenegaraan muncul di Jepang. 

Editor: Asri Wuni Wulandari
dewanpers