web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Operasi Zebra Dimulai, Ayo Patuhi Peraturan Lalu Lintas

Rabu, 1 November 2017 10:41 WIB Asri Wuni Wulandari

Ilustrasi -- Petugas kepolisian sedang mengoperasikan aplikasi e-Tilang. (ANTARA)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Ayo, buat yang suka kelupaan membawa surat-surat bermotornya, pada bulan ini kalau bisa jangan sampai kelupaan lagi. Sebab, Operasi Zebra Tahun 2017 bakal mulai digelar selama 1 – 14 November 2017 di seluruh Indonesia. Sasarannya, pengendara yang tidak mematuhi aturan berlalu lintas.

"Operasi Zebra dari tahun ke tahun rutin dilaksanakan. Saya harapkan pengaruhnya mampu mendisiplinkan masyarakat, mampu menekan angka kecelakaan lalu lintas," kata Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Royke Lumowa dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra 2017 di halaman Gedung NTMC Polri, Jakarta, Rabu (1/11/2017) sebagaimana dilansir ANTARA.

Royke mengatakan, dalam operasi ini, jajarannya akan menindak para pengendara yang melanggar peraturan berkendara untuk memberikan efek jera. Pelanggaran lalu lintas yang ditindak di antaranya, berboncengan tiga orang, melawan arus, tidak pakai helm, tidak pakai sabuk pengaman, menerobos lampu merah, SIM habis masa berlaku, STNK habis masa berlaku, dan tidak menyalakan lampu di siang hari bagi pemotor.

Dalam menindak para pelanggar lalu lintas, jajarannya akan menerapkan beberapa bentuk penindakan yakni peringatan dan mengeluarkan bukti pelanggaran (tilang). "Selama masih bisa diingatkan, kami ingatkan. Kalau memang harus ditilang ya tilang!" katanya.

Dalam Operasi Zebra ini, jajaran polisi lalu lintas juga akan menilang sejumlah kendaraan pribadi yang menggunakan rotator dan sirine. Untuk itu, Royke mengingatkan masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi agar tidak menggunakan sirine dan rotator. "Sekarang lagi marak kendaraan pribadi menggunakan sirine yang bukan haknya. Ini akan kami tindak," katanya.

Editor: Asri Wuni Wulandari
dewanpers