web analytics
  

7 Pemain Sepak Bola Ini Terjun ke Politik

Kamis, 19 Oktober 2017 13:08 WIB Arfian Jamul Jawaami
Umum - Internasional, 7 Pemain Sepak Bola Ini Terjun ke Politik, pemain sepak bola dunia, sepak bola dunia, pesepakbola terjun politik, pesepakbola ikut pemilu

George Weah. (REUTERS)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Sepak bola adalah soal popularitas yang hakiki. Tidak heran bila para pemain sepak bola begitu dikenal sehingga dapat dimanfaatkan sebagai modal untuk beralih profesi pada bidang lain.

Mantan striker Juventus Dani Osvaldo dan mantan gelandang Real Madrid Royston Drenthe memilih gantung sepatu semenjak dini dan beralih menjadi penyanyi. Sementara beberapa nama lain seperti Andriy Shevchenko, Davor Suker hingga legenda Brasil Zico memilih merapat ke dunia politik dan mengabdi pada masyarakat.

Untuk itu AyoBandung merangkum tujuh mantan pemain sepak bola yang kini menggeluti dunia politik dan sempat mencalonkan diri sebagai wali kota, bahkan presiden. Berikut daftarnya:

 

George Weah (Calon Presiden Liberia)

Tidak dapat dipungkiri bila George Weah adalah pemain sepak bola terbesar yang pernah dilahirkan Liberia, bahkan Afrika. Meraih begitu banyak gelar prestisius bersama AC Milan dan Chelsea serta menjadi pemain Afrika pertama yang mampu merengkuh Ballon d'Or pada tahun 1995 silam.

Kini pria berusia 51 tahun tersebut tengah di ambang kursi Presiden Liberia menggantikan Ellen Johnson Sirleaf. Pasalnya seperti dikutip dari CNN hingga berita ini diturunkan Weah masih mendominasi perhitungan suara sementara. 

Sol Campbell (Bakal Calon Wali Kota London)

Mantan bek timnas Inggris bernama lengkap Sulzeer Jeremiah Campbell adalah tentang kontroversi. Terlebih ketika Campbell memilih menyeberangi kubu The Lily White sejauh lima kilometer untuk merapat dengan seteru abadi Spurs yakni Arsenal. 

Namun patut disadari bila pilihan Campbell tersebut berdampak pada karir politiknya di masa depan. Pasalnya pada pemilihan Wali Kota London tahun 2016 lalu Campbell mendapat dukungan dari sebagian besar warga distrik utara yang merupakan basecamp dari Arsenal dan Spurs.

Seperti dikutip dari Mirror bila Campbell masuk dalam bakal calon Wali Kota London yang diusung oleh Partai Konservatif. Namun pada keputusan akhir justru Zac Goldsmith yang terpilih sebagai perwakilan Partai Konservatif. Meski akhirnya pemilu dimenangkan oleh Sadiq Khan dari Partai Buruh.

Ajat Sudrajat (Bakal Calon Wali Kota Bandung)

Dari dalam negeri hadir nama legenda hidup Persib Bandung, yakni Ajat Sudrajat yang beberapa waktu lalu menyatakan kesiapannya untuk maju dalam gelaran Pilwalkot Bandung tahun 2018 mendatang. Ajat mencalonkan diri sebagai Wakil Wali Kota Bandung dan berpasangan dengan Sylvariyadi Rahman dari jalur independen.

Pada masa kejayaannya, pemain bernomor punggung 10 tersebut sempat membawa Persib Bandung merajai sepak bola tanah air dengan meraih Juara Perserikatan tahun 1986 dan 1990.

Cuauhtemoc Blanco (Wali Kota Cuernavaca)

Legenda sepak bola Meksiko bernama Cuauhtemoc Blanco terpilih sebagai Wali Kota Cuernavaca pada tahun 2015 silam setelah memenangkan pemilu daerah bersama Partai Sosial Demokrat. 

Lucunya, seperti dikutip dari ESPN, Blanco menjiplak laman Wikipedia dalam daftar riwayat hidup sebagai salah satu persyaratan calon wali kota. Meski akhirnya diketahui publik, namun hal tersebut menjadi seperti candaan yang bersifat sementara.

Eric Cantona (Bakal Calon Presiden Prancis)

Publik Old Trafford tidak mungkin melupakan pemain tempramen asal Prancis bernama Eric Cantona. Selain tendangan kungfu dan selebrasi dingin nyatanya Cantona kembali menjadi buah bibir ketika menyatakan tertarik menjadi Presiden Prancis pada tahun 2012 silam.

Bahkan seperti dikutip dari BBC, Cantona menyurati seluruh wali kota di Prancis dan sempat mengumpulkan tanda tangan para pejabat sebagai syarat pencalonan. Meski akhirnya gagal maju namun Cantona mengecam peluang yang terbatas bagi pemuda Prancis dan menyoroti ketidakadilan sosial yang keras dan sistematik.

Lilian Thuram (Menolak Jadi Menteri Olahraga Prancis)

Kisah mantan tembok pertahanan Juventus Lilian Thuram sedikit berbeda dengan sederet pemain sepak bola lain. Pasalnya Thuram yang memang dikenal sangat cerdas dan memiliki visi besar pada dunia politik pernah menolak tawaran dari mantan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy untuk posisi Menteri Olahraga.

Cerita penolakan dimulai ketika Thuram tampil memukau dalam sebuah acara debat televisi bersama Sarkozy. Ketika itu, seperti dikutip Goal, Sarkozy menganggap bila anak di pemukiman kumuh Prancis sebagai sampah masyarakat. Sontak Thuram tidak senang dengan anggapan tersebut dan membalasnya dua tahun berselang ketika Sarkozy menawarkannya kursi kementerian.

Kakha Kaladze (Menteri Energi Georgia)

Kakha Kaladze adalah mantan pemain AC Milan yang merupakan legenda terbesar sepak bola Georgia. Selepas gantung sepatu Kaladze bergabung dalam partai oposisi pemerintah yaitu Dream Demokrat Georgia yang didirikan oleh Bidzina Ivanishvili.

Geliat politik dan nama besarnya tidak terbendung, sehingga seperti dikutip dari Forbes, pada tahun 2012 Kaladze terpilih sebagai Menteri Energi Georgia. 

Editor: Editor Ayobandung
dewanpers