web analytics
  

Kota Bandung Jalin Kerja Sama dengan Belgia

Selasa, 10 Oktober 2017 05:49 WIB Adi Ginanjar Maulana
Bandung Raya - Bandung, Kota Bandung Jalin Kerja Sama dengan Belgia, Ridwan kamil,kota bandung,belgia,berita bandung

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (bandung.go.id)

Namur, BELGIA, AYOBANDUNG.COM--Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menandatangani kesepakatan sister city dengan Mayor Namur, Maxime Prevot, yang di dalamnya meliputi kerja sama bidang pendidikan, ekonomi, budaya, dan lingkungan.

Mayor Maxime Prevot mengatakan bahwa suatu kesempatan yang besar bagi Namur bisa menjalin kerja sama meskipun jumlah penduduk kota itu hanya 110.000 orang, jauh lebih kecil dibandingkan populasi Kota Bandung.

Jadi bukan besar kecilnya suatu kota tapi yang penting isi dari kerja sama itu, ujarnya, sembari menambahkan bahwa adanya penandatanganan kerja sama ini akan menjadi jembatan bagi kedua kota untuk bermitra dalam berbagai bidang.

Namur ingin menjalin kerja sama dengan Kota Bandung dalam berbagai aspek mulai dari lingkungan, pendidikan, budaya, teknologi informasi, ekonomi, dan bisnis.

Namur memang kota kecil tapi yang penting adalah isi dari kerja sama yang merupakan kesempatan besar bagi kedua kota untuk menjalin kerja sama.

"Untuk itu kami ingin belajar dari Indonesia dan Bandung bisa menjadi tempat yang pas buat kami belajar banyak hal," ujar Maxime Prevot seperti dilaporkan Antara, Senin (9/10/2017).

Sementara Ridwan Kamil mengatakan kehadirannya di Belgia membawa tiga misi yaitu menandatangani kerja sama sister city antara Bandung dan Namur, peresmian pusat promosi produk UKM dari Bandung yang disebut dengan Little Bandung, dan ikut berpartisipasi memeriahkan festival Europalia yang digelar di Belgia.

"Saya datang ke sini membawa tiga misi yaitu penandatanganan sister city, meresmikan pusat promosi produk UKM yang dikenal dengan Little Bandung Mobile, dan Europalia," ujarnya.

Mengenai sejarah sister city antara Namur dan Bandung, Riwan Kamil mengatakan bahwa Putri Kerajaan Belgia Astrid Jisephine tahun lalu mengadakan kunjungan ke Kota Bandung.

Pada saat itu, Putri Astrid membawa pengusaha dari Belgia yang menjadi inspirasi bagi Ridwan Kamil untuk membuka Little Bandung di Belgia. Kemudian dipilih Kota Namur yang berjarak satu jam dari Brusel yang dapat menjadi pintu masuk produk-produk dari Bandung ke Belgia dan Eropa.
Editor: Adi Ginanjar Maulana

artikel terkait

dewanpers