web analytics
  

Unpad Bakal Berikan Otto Soemarwotto Award

Senin, 2 Oktober 2017 17:54 WIB Anggun Nindita Kenanga Putri
Bandung Raya - Bandung, Unpad Bakal Berikan Otto Soemarwotto Award, unpad, universitas padjadjaran, civitas akademika unpad, otto soemarwotto award, dies natalis unpad 60

Rektor Universitas Padjadjaran, Tri Hanggono Ahmad. (AyoBandung/Anggun Nindita)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Dalam rangkaian peringatan Dies Natalies yang ke-60, Universitas Padjajaran akan memberikan Otto Soemarwotto Award kepada insan yang dinilai memiliki jasa dalam menjaga kualitas lingkungan.

Pemberian anugerah Otto Soemarwotto Award akan dilaksanakan pada Sabtu (7/10/2017) mendatang dalam acara seminar internasional Eco Development di Observatorium Bosscha, Lembang.

Penghargaan ini merupakan wujud dedikasi bagi salah satu guru besar Unpad, yakni Otto Soemarwotto. Otto dikenal sebagai sosok yang telah memprakarsai nilai-nilai besar Unpad.

Bersama dengan Mochtar Koesoematmadja dan Didi Atmadilaga, mereka telah membuat suatu pola imliah pokok Unpad, yang dikenal dengan nama Bina Mulia Hukum dan Lingkungan Hidup dalam Pembangunan Nasional.

Di momen Dies Natalies yang ke-60, Unpad semakin ingin mengokohkan pola ilmiah hukum tersebut agar bisa lebih diterima di masyarakat luas.

Rektor Unpad, Tri Hanggono Ahmad mengatakan jika apa yang telah diusung oleh Otto Soemarwotto rupanya relevan dengan kondisi yang kini tengah dialami Unpad.

"Apa yang telah menjadi dasar pemikiran Otto ternyata menjadi isu penting yang menjadi tantangan Unpad di dalam kemajuan global," katanya saat jumpa pers kampus Unpad, Jalan Dipati Ukur, Bandung, Senin (30/10/2017).

Untuk kali pertamanya, Otto Soemarwotto secara khusus akan diberikan kepada akademisi yang konsisten di bidang eco-development. Nantinya, gelaran ini bakal dihelat setiap dua tahun sekali.

Para akademisi ini harus memiliki reputasi keilmuan secara internasional. Beberapa indikator yang harus mereka miliki antara lain, kredibel, berdedikasi, berintegritas, punya pengaruh kuat dalam lingkungan, dan mandiri. "Mereka juga harus yang menjadi sosok inspiratif bagi masyarakat," ucapnya.

Kiprah dari Otto Soemarwotto sendiri tidak hanya diakui secara nasional, melainkan sudah melanglangbuana sampai ke dunia internasional. Tercatat, Otto pernah menerima penghargaan Global 500 dari United Of Enviroment Program pada 1982 serta penghargaan Order of the Holden Ark dari pemerintah Belanda pada tahun 1985.

"Otto sudah jadi tokoh dunia dan levelnya internasional. Jadi masyarakat dunia juga bisa berkontribusi untuk lebih mengenang jasanya di bidang lingkungan hidup," jelasnya.

Ia juga berharap agar Otto Soemarwotto tak hanya menjadi tokoh yang menginspirasi bagi civitas akademik Unpad, namun ke depannya bisa menjadi salah satu tokoh yang namanya harum di masyarakat sebagai penggagas eco development.

Editor: Asri Wuni Wulandari

artikel terkait

dewanpers