web analytics
  

Orasi Ilmiah di Unpad, Jokowi Minta Kampus Antisipasi Perubahan Dunia

Senin, 11 September 2017 17:25 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Umum - Nasional, Orasi Ilmiah di Unpad, Jokowi Minta Kampus Antisipasi Perubahan Dunia, jokowi di unpad, orasi ilmiah jokowi, dies natalis unpad ke-60, unpad

Presiden Joko Widodo/setkab.go.id

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM-- Presiden Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi meminta agar perguruan tinggi atau setiap universitas di Indonesia mengantisipasi perubahan dunia yang semakin cepat.

Sebab, ujarnya, jika perubahan yang sangat cepat ini tidak diantisipasi maka dapat membahayakan bagi bangsa dan negara saat berkompetisi dengan negara lain.

"Siapa yang bisa mengantisipasi dan menyiapkan perubahan itu? Pertama yang paling penting adalah universitas. Bila kita tidak antisipasi, bisa berbahaya bagi kehidupan bangsa dan negara karena di sini kita bersaing dengan negara lain. Antisipasinya apa? Ya, Kita harus berani berbenah," ujar Jokowi saat orasi Ilmiah Dies Natalis ke-60 Unpad di Grha Sanusi Hardjadinata, Universitas Padjadjaran, pada Senin (11/9/2017).

Perubahan yang sangat cepat itu, kata Jokowi, misalnya, Elon Musk yang bisa memindahkan orang dari satu tempat ke tempat lain dengan sangat cepat. Kecanggihan Space Age, yang mampu mengelola luar angkasa. 

Tak sampai di situ, perkembangan di dunia finansial juga berubah drastis. Contohnya paypal yang bahkan belum sempat masuk Indonesia merupakan bukti perkembangan dunia yang kian cepat.

Jokowi mencontohkan, kini ketika hendak membeli makanan, masyarakat  tidak perlu lagi datang ke tokonya. Masyarakat hanya tinggal memesan lewat aplikasi jasa ojek online, dan makanan pun sudah siap tanpa perlu susah-susah pergi. Belum lagi media sosial yang kian kemari semakin mengalirkan informasi dengan amat cepat dan tak terbendung. 

"Contoh jika ingin beli sate atau gado-gado sekarang tinggal pesan lewat aplikasi online. Saya beli sate pesan dengan go-food dan setengah jam sampai," kata Jokowi. 

Menurut Jokowi, perkembangan dunia seperti itu tidak dapat dicegah. Bahkan, saat ini, perkembangan teknologi industri yang semakin cepat Ini akan mengubah landscape politik global di masa depan. 

"Saya tidak pernah memiliki kartu kredit. Saya coba sekali saja,  sudah ada produk lain yang lebih canggih. Sekarang itu, kita beli apa-apa cukup dengan memencet telepon seluler, tik tik tik, duit kita hilang. Kini perubahan teknologi sangat cepat," kata Jokowi.

Dia juga mengingatkan agar kalangan akademisi dan industri bisa mengantisipasi perubahan tersebut agar bisa bersaing.

 

Editor: Administrator

artikel terkait

dewanpers