web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Jalan Cimindi dan Kiaracondong Akan Ditutup

Rabu, 30 Agustus 2017 01:39 WIB Mildan Abdalloh

Fly over Jalan Cimindi, Cimahi. (Instagram)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah berencana akan menutup jalan di dua perlintasan sebidang rel kereta api yakni Cimindi, Kota Cimahi dan Kiaracondong, Kota Bandung. 
 
Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dedi Taufik mengatakan, penutupan dua jalan tersebut dikarenakan oleh sudah adanya jalur fly over. Undang - Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian, Pasal 124 menyatakan bahwa pada perlintasan sebidang antara jalur kereta api dengan jalan, pemakai jalan wajib mendahulukan perjalanan kereta api.
 
"Ini untuk keselamatan perjalanan kereta api dan pengguna jalan," tutur Dedi, di Bandung, Selasa (29/8/2017).
 
Pengguna jalan yang hendak melintasi rel kereta api di Cimindi dan Kiaracondong, kata Dedi, harus melalui fly over, tidak boleh menyebrang rel. 
 
Dia menyebutkan, penutupan jalan di perlintasan sebidang rel kereta api sudah sesuai dengan  Undang - Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ, kemudian PP 56 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Perkeretaapian, Pasal 78, yang menyatakan pemakai jalan wajib mendahulukan kereta api, dan Pasal 79, yang menyatakan bahwa Menteri, Gubernur, Wali Kota atau Bupati dapat menutup perlintasan sebidang.
 
Selain itu, pihak PT KAI juga telah mengajukan surat kepada Direktorat Jendral Perkeretaapian Kementerian Perhubungan terkait dua perlitasan yang diprioritaskan untuk ditutup.
 
Pada 24 Agustus lalu pihaknya telah melakukan persiapan, dari mulai sosialisasi, ujicoba sampai penutupan secara resmi. 
 
"Sosialisasi akan segera kami lakukan kepada masyarakat," ujarnya. 
 
Mengingat dua jalan tersebut merupakan jalan utama, maka pihaknya akan melakukan evaluasi dampak lalulintas akibat penutupan. 
Editor: Asri Wuni Wulandari

artikel lainnya

dewanpers