web analytics
  

Haru Tangis Pilot Wanita Setelah Terbangkan Perdana N219

Rabu, 16 Agustus 2017 15:21 WIB Arfian Jamul Jawaami
Umum - Nasional, Haru Tangis Pilot Wanita Setelah Terbangkan Perdana N219, Pesawat N219, Terbang Perdana Pesawat N219, Pesawat N219 Buatan Indonesia, Pesawat Buatan Anak Bangsa, Pilot Perempuan, Pilot Perempuan N219

Pesawat N219 lepas landas dari landasan udara Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Rabu (16/8). (ANTARA FOTO/Fahrul Jayadiputra)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pesawat N219, si karya anak bangsa baru saja mengudara bebas pertama kali dalam sesi pengujian terbang ketika berhasil mengitari langit Batujajar selama kurang lebih 20 menit. Dalam pengujian kali itu, seorang pilot perempuan didapuk sebagai penerbang pertama N219.

Chief Test Pilot PT Dirgantara Indonesia (PTDI) Kapten Esther Gayatri Saleh turun dari pesawat dengan tangisan haru di Lanud Bandara Husein Sastranegara, Bandung. "Dari bulan ke bulan dan tahun ke tahun kita melatih ini. Ini adalah buatan Indonesia jadi kita patut berbangga," ujar Esther pada Rabu (16/8/2017).

Terlebih setelah melewati serangkaian pengujian selama tiga bulan ke belakang akhirnya pesawat N219 mampu terbang perdana tepat satu hari sebelum perayaan dirgahayu kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 tahun. "Sangat mengagumkan bertepatan menjelang dengan 17 Agustus," ujar Esther.

Esther menilai bila pesawat N219 mampu terbang dengan baik sesuai dengan prediksi dan harapan. Mesin dan sistem merespon baik sejak mulai lepas landas hingga kembali mendarat. "Engine prediction berjalan bagus tapi masih banyak tes berikutnya. Baru pertama kali terbang jadi perjalanannya panjang," ujar Esther.

Esther bukanlah pilot baru dalam dunia kedirgantaraan, karena 33 tahun sudah ia lalui sebagai seorang penerbang. Terlebih, jam terbang Esther didominasi untuk pengujian test flight.

Saat terbang bersama N219, Esther ditemani oleh seorang kopilot Adi Budi Atmoko serta Yustinus sebagai flight test engineer untuk memastikan setiap tahapan pengujian dilaksanakan dengan baik dan benar serta terjamin unsur keselamatan.

AyoBaca : Buatan Indonesia, Apa Keunggulan Pesawat N219?

AyoBaca : Pesawat N219 Diminati Dunia

Editor: Asri Wuni Wulandari
dewanpers