web analytics
  

Pesawat N219 Diminati Dunia

Rabu, 16 Agustus 2017 14:42 WIB Arfian Jamul Jawaami
Umum - Nasional, Pesawat N219 Diminati Dunia, Pesawat N219 PTDI, Pesawat N219 Buatan Indonesia, Pesawat Buatan Anak Bangsa, Uji Coba N219, PTDI N219

Ilustrasi Pesawat N219. (PTDI)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pesawat N219 buatan Indonesia baru saja melakukan flight test yang artinya belum dapat dilepas ke pasar dunia untuk diperjualbelikan. Meski belum secara resmi dirilis, namun beberapa negara menyatakan minatnya untuk menggunakan jasa dari N219.

Di antaranya Bangladesh, Madagaskar, Thailand, Jepang dan beberapa negara Afrika. Bahkan Kanada menawarkan sebuah kerjasama berupa sertifikasi pesawat N219 di otoritas setempat. Setidaknya ratusan unit diklaim sudah memesan pesawat berkapasitas 19 penumpang tersebut.

"Tahun 2019 nanti purwarupa pesawat pertama N219 sudah siap dan layak untuk memasuki pasar. Dengan prioritas memenuhi kebutuhan dalam negeri dengan harga yang kompetitif," ujar Manajer Humas dan Hukum PT Dirgantara Indonesia (PTDI) Irland Budiman di Lanud Husein Sastranegara, Bandung, Rabu (16/8/2017).

Tidak mengherankan karena pesawat N219 memiliki keunggulan khusus, seperti menjelajah daerah penerbangan perintis dan kawasan pedalaman. Terlebih pesawat propeler tersebut dapat lepas landas di jalur tidak beraspal berjarak pendek.

Bukan hanya soal keunggulan semata, namun ketertarikan para negara peminat potensial ternyata hadir karena pesawat N219 akan dijual dengan harga murah.

"Harga dapat ditekan begitu signifikan karena menggunakan teknologi common techno sehingga biaya pemeliharaan pesawat juga terbilang rendah," ujar Irland.

Terlebih prospek pasar komersial dari pesawat sekelas N219 dinilai masih sangat besar. Soalnya selain dapat dipergunakan untuk keperluan sipil, juga dapat membantu pihak militer dalam proses evakuasi. 

AyoBaca : Pesawat N219 Karya Anak Bangsa Resmi Terbang Perdana

AyoBaca : Buatan Indonesia, Apa Keunggulan Pesawat N219?

Editor: Asri Wuni Wulandari
dewanpers