web analytics
  

Damn! Gaji Neymar Satu Bulan Bisa Buat Flyover Antapani

Senin, 7 Agustus 2017 12:40 WIB Arfian Jamul Jawaami
Umum - Unik, Damn! Gaji Neymar Satu Bulan Bisa Buat Flyover Antapani, Gaji Neymar Sebulan, Pemain Sepak Bola Termahal, Transfer Termahal Neymar

Neymar da Silva Santos Jr. (REUTERS/Albert Gea)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Rekor transfer dunia yang sebelumnya dipegang oleh Paul Pogba pecah ketika Paris Saint Germain alias PSG resmi memperkenalkan Neymar da Silva Santos Junior sebagai bagian dari Les Parisiens.

Sebuah monster transfer yang dinilai dapat merusak harmonisasi dan stabilitas finansial sepak bola dunia. Tidak tanggung, karena PSG menyanggupi klausul Barcelona senilai Rp 5,4 triliun untuk jasa dari pemuda kelahiran Sao Paulo tersebut.

Namun pesta uang PSG tidak berhenti sesaat setelah memperkenalkan Neymar pada publik Stade de France. Perlu diingat bahwa Neymar merupakan pemain sepak bola dengan gaji terbesar kedua di dunia setalah Carlos Tevez dari Shanghai Shenhua.

Presiden PSG, Nasser Al Khelaifi, meski menggaji Neymar sebesar Rp 1,2 miliar setiap satu hari atau senilai Rp 38,8 miliar per bulan. Artinya dalam satu detik Neymar menghasilkan uang sebesar Rp 15.000.

Untuk itu AyoBandung merangkum hal apa saja yang dapat dilakukan Neymar dengan pendapatan bulanannya bila pemain berusia 25 tahun tersebut menetap di Kota Bandung. Berikut daftarnya:

 

Membangun Flyover Antapani

Flyover Antapani menjadi salah satu megaproyek dan simbol dari keberhasilan pembangunan infrastruktur Kota Bandung di bawah kepemimpinan Ridwan Kamil. Dengan masa pengerjaan selama enam bulan dan menghabiskan dana sebesar Rp 33,5 miliar tidak serta merta mengalahkan besaran pendapatan Neymar di PSG dalam satu bulan yang mencapai Rp 38,8 miliar.

Padahal Flyover Antapani menggunakan teknologi sipil paling mutahir dengan struktur baja berbentuk corrugate bergelombang. Maka dapat dibayangkan bila Neymar memberikan pendapatannya selama satu tahun, maka Pemkot Bandung dapat membangun 12 jembatan serupa sebagai penyangga transportasi kota.

Membangun Bandung Command Center

Kota Bandung pada masa kepemimpinan Ridwan Kamil dikenal dengan predikat Smart City in Indonesia. Melek teknologi menjadi salah satu alasan di balik predikat tersebut. Lalu tahukah kamu bila semua itu dapat terwujud berkat pembangunan pusat pemantauan seluruh aktivitas sosial kota atau Bandung Command Center.

Command Center merupakan ruang kontrol dengan banyak layar seluruh aktivitas lalu lintas dan warga Kota Bandung. Namun ternyata biaya yang digunakan untuk membangun Command Center lebih kecil dari gaji Neymar selama satu bulan. Soalnya mimpi Ridwan Kamil tersebut hanya menghabiskan dana sebesar Rp 30 miliar.

Menggaji Seluruh Pegawai Kebersihan Kota Bandung 

Kota Bandung kembali meraih Piala Adipura secara tiga kali beruntun setelah sebelumnya puasa selama 17 tahun. Sebuah predikat kota terbersih yang didapat setelah Ridwan Kamil menambah personel kebersihan kota menjadi 6.000 orang pada tahun 2015 lalu. Keputusan Emil tersebut menghadirkan pro dan kontra karena dinilai terlalu boros anggaran.

Namun hal serupa tidak akan terjadi bila Neymar menjadi Wali Kota Bandung. Kenapa? Karena gaji dari 6.000 pegawai kebersihan Kota Bandung tersebut jauh lebih kecil dari pendapatan Neymar selama satu bulan di PSG. 

Sesuai data dari Badan Pusat Statistik bila rata-rata orang Indonesia memiliki gaji sebesar Rp 4 juta setiap bulan. Artinya gaji dari 6.000 personel kebersihan Kota Bandung hanya senilai Rp 24 miliar setiap bulan.

Memenuhi Kebutuhan Air Mineral Seluruh Warga Bandung

Air adalah sumber kehidupan. Jangan lupa bila manusia juga terlahir berkat andil dari cairan bernama spermatozoid. Begitu juga dengan kebutuhan primer atas konsumsi air mineral yang diperlukan setiap harinya. Setidaknya dalam satu bulan setiap rumah di Kota Bandung memerlukan sebanyak empat galon air minum. 

Jumlah tersebut disesuaikan dengan kuantitas jiwa yang berada dalam satu rumah menurut data dari Badan Pusat statistik yaitu empat orang. Sedangkan jumlah rumah di Kota Bandung sebanyak 645.000. Bila harga satu galon senilai Rp 15.000 berarti gaji bulanan Neymar dapat memenuhi kebutuhan air minum seluruh warga Bandung selama satu bulan dengan anggaran Rp 38,7 miliar.

Menjadi Wali Kota Bandung

Dalam satu tahun ke depan Kota Bandung menantikan tokoh pemimpin baru selepas ditinggal Ridwan Kamil yang memilih menjadi calon Gubernur Jawa Barat. Tidak banyak tokoh yang berani maju dalam Pemilu Wali Kota Bandung. Selain karena dampak dari “Emil Effect”, namun biaya besar yang harus dikeluarkan untuk kampanye terbilang besar.

KPU Kota Bandung memprediksi bila satu calon wali kota meski mengeluarkan setidaknya Rp 6 miliar untuk dana kampanye. Bukan rahasia umum bila gelontoran dana super besar akan semakin memudahkan langkah mencapai tujuan predikat Bandung satu. Lalu bila nyatanya pendapatan Neymar dalam satu minggu bisa mencapai Rp 9 miliar maka apa yang bisa dilakukannya bila mengikuti gelaran Pilwalkot Bandung?

Editor: Asri Wuni Wulandari
dewanpers