web analytics
  

Angka Partisipasi Pilkades Bandung Barat di Atas 80%

Senin, 10 Juli 2017 16:51 WIB Ananda Muhammad Firdaus
Bandung Raya - Bandung, Angka Partisipasi Pilkades Bandung Barat di Atas 80%, pilkades bandung barat,pilkades

Ilustrasi pilkades.(Borneonews)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Sebanyak 12 desa dari sembilan kecamatan di Kabupaten Bandung Barat menggelar pemilihan kepala desa serentak pada Minggu (9/7/2017).

Sebanyak 12 desa tersebut antara lain Desa Pagerwangi, Cikole dan Sukajaya (Lembang), Desa Cipada (Cisarua), Mandalamukti (Cikalongwetan), Ciroyom (Cipeundeuy), Mandalawangi (Cipatat), Galanggang (Batujajar), Mukapayung (Cililin), Cibitung (Rongga), dan Jati (Saguling).

Dari hasil perhitungan pihak KPU dengan data pemilih tetap (DPT) sebesar 81.716 jiwa, sebanyak 68.137 warga atau sebesar 83,38% ikut serta pada pencoblosan pilkades.

Kepala Bidang Pendataan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa KBB, Rambey Solihin menjelaskan abstain dalam suara muncul dengan berbagai kemungkinan. Namun angka partisipasi warga yang tinggi menunjukkan tingkat kesadaran yang baik.

"Hanya komentar saya, partisipasi itu lebih tinggi daripada pilres atau pileg," ungkapnya kepada AyoBandung, Senin (10/7/2017).

Pada penyelenggaraan pilkades, sebanyak 44 calon yang ikut serta dalam pemilihan, ditemukan sebanyak sembilan orang adalah petahana. Namun hanya empat orang yang terpilih lagi disamping calon-calon yang terpilih lainnya kebanyakan berasal dari unsur masyarakat.

Pihaknya menargetkan pelantikan berlangsung secara serentak pada Agustus mendatang. Selain itu, ia berpesan kepada kepala desa terpilih untuk menyiapkan segala sesuatunya dengan matang.

"Pertama saya ucapkan selamat, yang kedua di depan ada tugas baru yang menantang. Yang ketiga siapkan visi misi RPJMDes enam tahun ke depan," jelasnya.

Editor: Adi Ginanjar Maulana
dewanpers