web analytics
  

8 Kota yang Lebih Dulu Memindahkan Ibu Kota, Indonesia Mau Mengikuti?

Sabtu, 8 Juli 2017 15:53 WIB Arfian Jamul Jawaami

Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

BOGOR, AYOBOGOR.COM – Belakangan, beredar kabar akan dipindahkannya Ibu Kota Indonesia dari Jakarta menuju Palangkaraya. Konon, pemindahan Ibu Kota itu akan dilakukan secara bertahap sejak 2018 mendatang.

Wacana yang tentu menimbulkan pro dan kontra. Dan itu, sudah terjadi sejak dahulu kala. Wacana Pemindahan Ibu Kota sesungguhnya telah digulirkan sejak era Presiden Soekarno. Namun hingga kini, Ibu Kota tidak pernah sejengkalpun benar-benar meninggalkan Jakarta.

Padahal, sebelum kabar mengenai Pemindahan Ibu Kota Indonesia kembali mencuat, beberapa negara justru telah melakukannya terlebih dahulu. Berikut delapan negara tersebut dilansir dari The Telegraph:

 

Rusia

Ibu Kota Rusia telah dua kali berpindah. Moskow menjadi Ibu Kota pertama Rusia sejak abad 14 hingga tahun 1712. Selepas itu, Ibu Kota berpindah ke Petrograd alias St. Petersburg. Tak berselang lama, tepatnya 1918, Ibu Kota kembali dipulangkan ke Moskow setelah kaum Bolshevik berhasil mengambil alih kekuasaan dari rezim Tsar Nikolai II saat Revolusi Oktober.

Brazil

Ibu Kota Brazil berpindah dari Rio de Janiero menuju Brasilia pada tahun 1961. Alasan utama perpindahan Ibu Kota ialah lantaran ledakan populasi yang melanda Rio kala itu. Perpindahan ke Brasilia diikuti oleh pertumbuhan pesat di kota tersebut. Perpindahan ini dipandang sukses dan kerap dijadikan prototipe keberhasilan pergantian Ibu Kota suatu negara.

Nigeria

Hingga tahun 1991, Ibu Kota Nigeria ialah Lagos. Namun lataran alasan serupa Brasil--ledakan populasi--Ibu Kota lantas dipindahkan ke Abuja. Letak Abuja yang berada di tengah-tengah negara membuat ia dipilih menjadi Ibu Kota baru Nigeria.

Kazakhstan

Sejak melepaskan diri dari cengkeraman Uni Soviet pada 1991, Almaty didapuk sebagai Ibu Kota Kazakhstan. Ibu Kota lantas dipindahkan ke Astana pada 1997 lantaran berbagai alasan. Termasuk karena luasan Almaty yang terlampau kecil, lokasi yang rawan gempa, serta dekat dengan negara-negara pecahan Soviet lain yang dinilai rentan terkena goncangan politik.

Belize

Badai Hattie yang melanda Ibu Kota Belize City tahun 1961 menjadi alasan kepindahan Ibu Kota. Hancurnya Belize City membuat pemerintah Belize tak mempunyai opsi lebih bagus selain memindahkan pusat pemerintahan. Ibu Kota secara resmi berpindah ke Belompan pada tahun 1970.

Pantai Gading

Ibu Kota Pantai Gading hingga awal dekade 80-an ialah Abidjan. Namun Ibu Kota kemudian dipindahkan ke Yamoussoukro pada tahun 1983. Alasan pemindahan, yakni Yamoussoukro merupakan domisili Presiden Pantai Gading saat itu, Felix Houphouet-Boigny. Ini merupakan perpindahan keempat kalinya setelah berganti dari Grand-Bassam (1893), Bingerville (1900), dan Abidjan (1933).

Myanmar

Perpindahan Ibu Kota Myanmar terjadi pada 2005 silam. Saat itu, Ibu Kota dipindahkan dari Yangoon ke Naypyidaw. Pemindahan dilakukan di bawah instruksi pemerintahan junta militer. Kota Naypyidaw sendiri telah dibangun dan dipersiapkan sejak 2002.

Tanzania

Pusat pemerintahan Tanzania dipindahkan dari Dar es Salam menuju Dodoma yang berada di pedalaman pada 1973 silam. Namun, hingga saat ini, perpindahan tersebut belum kunjung rampung. Pusat kegiatan pemerintah masih terpecah di dua lokasi tersebut.

Editor: Editor Ayobandung

artikel lainnya

dewanpers