web analytics
  

LIBUR LEBARAN: Basarnas Tingkatkan Keamanan di Pantai

Selasa, 27 Juni 2017 04:58 WIB Adi Ginanjar Maulana
Gaya Hidup - Wisata, LIBUR LEBARAN: Basarnas Tingkatkan Keamanan di Pantai, Basarnas,pangandaran,pantai

Pantai Pangandaran.(Disparbud Jabar)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Basarnas Bandung yang melingkupi wilayah Jawa Barat menyiagakan personel di posko pengamanan pantai untuk mengantisipasi kecelakaan laut pada libur Lebaran 2017.

"Untuk antisipasi kecelakaan laut, kami sudah siapkan personel dan membangun posko di daerah wisata pantai di Jawa Barat," kata Kepala Kantor Basarnas Bandung Slamet Riyadi, Senin (26/6/2017).

Ia mengatakan, jajarannya disiagakan di posko penyelamatan Pantai Santolo, Pantai Cipatujah, Pantai Pangandaran dan pantai wilayah Cirebon.

Posko tersebut, lanjut dia, disiapkan personel dan peralatan penyelamatan yang siap bertugas memberikan bantuan penyelamatan melingkupi pantai selatan dan utara Jabar.

"Keberadaan posko untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, karena di sana banyak dikunjungi wisatawan," katanya.

Ia menambahkan, setelah Hari Raya Lebaran, masyarakat seringkali mengisi hari libur dengan berwisata ke objek wisata pantai.

Upaya penyelamatan itu, kata dia, bukan hanya dari tim Basarnas, tetapi ada juga dari Satuan Polisi Air dan Udara, kemudian Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista).

"Kami juga menyiapkan satu kapal di Cirebon, kemudian perahu karet, ada juga dari instansi lain," katanya.

Ia mengimbau masyarakat yang berwisata ke pantai agar mematuhi setiap peraturan dan rambu-rambu bahaya di kawasan pantai.

"Warga jangan melanggar rambu-rambu, seperti rambu dilarang berenang jangan dilanggar," katanya.

Editor: Adi Ginanjar Maulana

artikel terkait

dewanpers