web analytics
  

223 Orang Ikut Seleksi Tenaga Pasar Modal

Sabtu, 3 Juni 2017 15:06 WIB Adi Ginanjar Maulana
Bandung Raya - Bandung, 223 Orang Ikut Seleksi Tenaga Pasar Modal, Bei,pasar modal

Ilustrasi (net)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Sebanyak 223 orang dari berbagai daerah di Provinsi Jawa Barat mengikuti Capital Market Professional-Development Program (CMPDP) yang diselenggarakan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI), di Kantor Perwakilan BEI PIGP Kota Bandung, Sabtu (3/6/2017).
         
"Tes ini serentak dilakukan di 27 kota besar di Indonesia diikuti oleh 4.800 peserta, untuk yang ikut tes di Kantor Perwakilan BEI Pusat Informasi Go Public (PUGP) Bandung jumlahnya 233 peserta dan yang direkrut hanya 30 orang," kata Head of Go Public Information Center Indonesia Stock Exchange-Bandung Ahmad Dirgantara.
         
Ia menuturkan tes yang diadakan oleh PT BEI, PT Kriling Penjaminan Efek Indonesia dan PT Kusdotian Sentral Efek Indonesia tersebut bertujuan untuk mempersiapkan tenaga profesional pasar modal yang akan menjawab tantangan masa depan dan membantu menggerakkan industri ini.
         
"Selama ini industri pasar modal di Indonesia masih tertinggal jauh dibandingkan negara lain padahal penerimaan negara dari sektor pajak, sekitar 10 persennya disumbang dari pasar modal," kata dia.
         
Menurut dia, pasar modal merupakan salah satu "leading indicator" perekonomian suatu negara sehingga berkembangnya pasar modal di suatu negara menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan perekonomian di negara tersebut.
         
"Salah satu faktor yang cukup mendasari mengapa jumlah investor atau perusahaan tercatat di pasar modal Indonesia belum maksimal karena ketersediaan sumber daya manusianya yang memiliki kompetensi masih minim," kata dia.
         
Berdasarkan survei nasional literasi keuangan OJK Tahun 2016, baru sekitar 29,66 persen penduduk Indonesia yang memiliki kategori well literate atau melek pengetahuan keuangan.

Editor: Adi Ginanjar Maulana
dewanpers