web analytics
  

Mengintip Situs Sejarah Sumur Bandung

Kamis, 18 Mei 2017 18:48 WIB Adi Ginanjar Maulana
Bandung Raya - Bandung, Mengintip Situs Sejarah Sumur Bandung, sumur bandung

Sumur Bandung.(bandungkabmozaik.com) (ist)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM- -Siapa sangka di bawah Alun-alun Bandung terdapat situs purbakala yang masih berfungsi sampai sekarang.

Ya, Sumur Bandung namanya yang merupakan sumur tertua di Bandung, usianya mencapai 200 tahun.

Namun sayang, sebagian masyarakat terutama di Kota Bandung sendiri tidak mengetahui keberadaan sumur tersebut.

Seorang pengunjung Alun-alun Bandung Erna mengaku tidak tahu tentang lokasi persis Sumur Bandung. Ia hanya mengetahui mitos air dari Sumur Bandung yang bisa mengobati berbagai penyakit.

“Cuma saya memang belum pernah ke sana," ujarnya kepada AyoBandung, Kamis (18/5/2017).

Pusat sumur sendiri terdapat di bawah Kantor PLN Jabar, yang tidak jauh dari Alun-alun Bandung. Bahkan, air yang dipercaya mampu menyembuhkan penyakit tersebut dimanfaatkan sebagai pasokan air di Masjid Raya Bandung.

Sejarah Sumur Bandung

Menurut sejarah Sumur Bandung tercipta ketika Raden Adipati Wiranata Kusumah II sedang bersitirahat di sekitar Sungai Cikapundung.

Saat itu, Raden Adipati Wiranata Kusumah II menancapkan tongkatnya ke tanah. Ketika dicabut keluar air jernih dari lubang bekas tongkatnya ditancapkan.

Untuk menampung air yang keluar tesebut, Raden Adipati Wiranata Kusumah II dan punggawanya membuatkan lubang untuk menampung air tersebut. Hingga sekarang sumber mata air tersebut dikenal sebagai Sumur Bandung.

Editor: Adi Ginanjar Maulana
dewanpers