web analytics
  

Diserang WannaCry, Renault Hentikan Produksi

Senin, 15 Mei 2017 11:36 WIB Andres Fatubun
Umum - Internasional, Diserang WannaCry, Renault Hentikan Produksi, Virus WannaCry

Pekerja sedang menyelesaikan perakitan mobil Renault di pabrik San Jose. Reuters.

SANDOUVILLE - PRANCIS, AYOBANDUNG.COM -- Akibat virus WannaCry yang menerjang lebih dari 100 negara pada akhir pekan lalu, perusahaan otomotif asal Perancis Renault untuk sementara menghentikan produksinya di sejumlah pabrik sejak Sabtu (13/5). 

Juru bicara Renault mengatakan saat ini perusahaannya sedang melakukan langkah pencegahan untuk meminimalisir kerugian akibat serangan virus tersebut. Ia tidak menjelaskan lebih lanjut seberapa serius kerusakan yang ditimbulkannya. Ia menambahkan, diharapkan pada Senin (15/5) Renault bisa melanjutkan produksinya.

Mitra Renault, Nissan juga mengalami hal yang sama. Pada Jumat (12/5) malam, sejumlah file data di kantornya di Sunderland terkena virus. Namun Nissan tidak mengentikan produksinya.

Serangan virus WannaCry merebak pada Jumat dan menimbulkan gangguan pada pelayanan umum seperti rumah sakit di Inggris, sarana publik di Spanyol, hingga Kementerian Dalam Negeri Rusia.

Serangan WannaCry dilakukan dengan menggunakan EternalBlue yaitu perangkat lunak yang dikembangkan oleh NSA untuk menyerang kerapuhan keamanan komputer berbasis Windows.  

 

Editor: Andres Fatubun
dewanpers