web analytics
  

Kenalkan Budaya Indonesia dengan Lomba Mewarnai

Kamis, 27 April 2017 14:18 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Bisnis - Event, Kenalkan Budaya Indonesia dengan Lomba Mewarnai, Lomba Mewarnai

Sejumlah anak ikuti Lomba Mewarnai Nasional Pascola "Cerita Warna Nusantara" di Metro Indah Mall, Bandung, Kamis (27/4). (AyoBandung/Eneng Reni)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Warna adalah bagian yang tak terpisahkan dari Indonesia. Semboyan ‘Bhinneka Tunggal Ika’ merupakan buktinya. Berbeda, tapi tetap satu.

Keberagaman warna itu jugalah yang menjadi dasar Lomba Mewarnai Nasional Pascola. Agenda lomba mewarnai tingkat nasional dua tahunan dari PT Standardpen Industries ini bertujuan untuk mengasah kreativitas anak.

Mengangkat tema “Ceria Warna Nusantara”, gelaran ini mencoba mengenalkan kekayaan budaya Indonesia. Konten gambar yang dipilih pun merupakan ikon yang mewakili setiap budaya yang ada di Indonesia.

Khusus Bandung, kali ini sekitar 700 anak yang berasal dari berbagai taman kanak-kanak di Bandung, berkesempatan mewarnai ikon budaya Jawa, seperti Candi Borobudur dan pakaian adat Jawa. Standardpen Industries memang sengaja untuk membedakan ikon mewarnai di setiap kota yang digelar.

Ada tiga wilayah budaya : Sumatera, Bali, dan Jawa. “Konten di tiap kota ini kita acak. Jadi setiap daerah tidak ada yang tahu,” ujar Asisten Marketing Manager PT Standardpen Industries, Shara Christanti di sela-sela kegiatan di Metro Indah Mall, Bandung, kamis (27/4).

Shara mengatakan bahwa pihaknya sengaja membentuk tema tersebut sebagai bentu kepedulian pihaknya sebagai perusahaan asli Indonesia terhadap keanekaragaman budaya di Indonesia. "Dengan lomba mewarnia ini kami ingin mengenalakan budaya dan ikon Nusantara kepada anak-anak dari usia dini," ujar Shara.

Di sisi lain, gelaran ini pun setidaknya ingin mengangkat kembali kreativitas anak-anak di tengah abad digital yang tengah menyerbu saat ini. Sudah jadi rahasia umum tampaknya, anak kecil di zaman kiwari, sudah canggih mengenal gawai.

Nah, di sini kita mau mengajak anak-anak dan para orang tua. Yuk, kita kembali. Istilahnya, lepas dari gadget dan kembangkan kreativitas dan motorik anak melalui mewarnai sejak dini,” ajak Shara.

Gelara Lomba Mewarna “Ceria Warna Nusantara” ini akan digelar sepanjang periode April hingga Agustus 2017 di 16 kota di Indonesia. Setiap pemenang utama di 16 kota ini akan mendapatkan hadiah paket liburan ke Bali ditambah dengan yang saku.

Editor: Asri Wuni Wulandari
dewanpers