web analytics
  

Ketika Bobotoh Mengenang Momen Perkenalannya dengan Persib

Selasa, 4 April 2017 13:14 WIB Anggun Nindita Kenanga Putri
Persib - Bobotoh, Ketika Bobotoh Mengenang Momen Perkenalannya dengan Persib, bobotoh, persib bandung, maung bandung

Sejumlah Bobotoh dalam gelaran Launching Persib 2017 di Stadion Siliwangi, Bandung, Minggu (2/4). (AyoBandung/Danny Ramdhani)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Dua jam perjalanan kurang lebih ditempuh untuk sampai di Stadion Siliwangi. Cuaca yang kadang hujan, kemudian cerah, lalu hujan besar, tidak menyurutkan niatnya untuk bisa bergabung dengan Bobotoh lainnya, menyaksikan dari dekat tim kesayangannya.

Adalah Wahyu Septian, yang berasal dari Kampung Cibuni, Ciwidey, Bandung Selatan. Pria yang memakai jersey Persib bertuliskan nama ‘Wahyu’ di punggunggnya tersebut mengatakan bahwa cuaca yang tidak menentu bukanlah halangan bagi dirinya untuk datang ke acara Launching Persib 2017.

“Hujan, ah tidak masalah. Yang penting saya di sini untuk melihat Persib. Kalau hujan bisa tinggal pakai jas hujan. Kalau lihat Persib secara dekat kapan lagi?” katanya, saat ditemui di sela-sela gelaran Launching Persib 2017 di Stadion Siliwangi, Minggu (2/4/2017).

Selain masalah hujan, Wahyu juga harus berdesak-desakan dengan Bobotoh lainnya agar bisa masuk ke Stadion Siliwangi. Wahyu mengaku sempat memiliki kekhawatiran tidak bisa masuk saat melihat antusias Bobotoh yang membuat Stadion Siliwangi menjadi lautan manusia.

“Sudah jauh-jauh datang, takutnya tidak bisa masuk. Tapi alhamdulillah tadi dibantu teman jadi akhirnya bisa berhasil masuk,” ujar Wahyu lega.

Wahyu ternyata memiliki histori sendiri dengan tim berjuluk Maung Bandung ini. Ternyata, Wahyu masih memiliki hubungan kekerabatan dengan salah satu legenda Persib, Adeng Hudaya. Dari Bapak, begitu dia biasa memanggil Adeng, Wahyu mulai mengenal Persib.

“Dulu waktu kecil saya suka diajak beliau untuk nonton ke Siliwangi. Sekarang memang sudah jarang bertemu karena kesibukan,” kenang Wahyu.

Wahyu sendiri ternyata pernah hampir mengikuti diklat Persib. Sayang kala itu kakinya cedera yang akhirnya membuat langkahnya harus terhenti.

Kecintaan pada Persib ini tidak hanya dialami Wahyu, tapi juga Taufik Ramadhan, yang mengaku sudah menggemari Persib sedari kecil. Lucunya, dalam gelaran Launching Persib 2017 kemarin Taufik malah bertemu dengan sahabat lamanya yang mengenalkan dirinya dengan Persib.

“Jadi saya tadi duduk di tribun selatan, pas saya jalan masuk saya lihat ada orang yang mukanya familiar. Ternyata itu si Angga! Sahabat saya waktu SMP yang dulu bikin saya suka sama Persib,” kata Taufik.

Kontan pertemuan dua sahabat itu pun menjadi ajang reuni bagi mereka. Taufik dan Angga pun tidak ketinggalan mengabadikan momen pertemuan mereka di Stadion.

“Dulu saya dan Angga juga teman-teman yang lain waktu SMP suka nonton di Siliwangi. Waktu itu kami belum pada punya motor, saya ingat kami pernah serombongan sampai carter angkot. Kami juga sempat ngalamin ceurik-ceurik bareng kalau Persib kalah,” ungkap Taufik mengenang masa-masa ceuyah-nya. 

Baik Wahyu maupun Taufik, hanyalah segelintir dari ribuan Bobotoh yang memenuhi Stadion Siliwangi kemarin. Mereka datang untuk melihat launching tim kebanggaan mereka. Bukan hanya sekedar ingin lihat atau berfoto bersama dengan pemain. Terlepas dari itu, kedatangan para mereka memang sebagai bukti bahwa Bobotoh merupakan suporter tim sepakbola yang paling besar dan solid. 

Editor: Asri Wuni Wulandari

artikel terkait

dewanpers