web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Kemkes: Bali dan Jakarta 100% Bebas Malaria

Jumat, 31 Maret 2017 12:14 WIB Andres Fatubun

Ilustrasi Malaria.

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Data Kementerian Kesehatan tentang pencapaian eliminasi malaria pada provinsi dan kabupaten/kota sampai dengan 2016 menunjukkan Provinsi DKI Jakarta dan Bali 100% terbebas dari malaria.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan drg R Vensya Sitohang di Jakarta, Jumat, menjelaskan seluruh kabupaten/kota di DKI Jakarta dan Bali sudah mengelemenasi malaria.

Sedangkan Provinsi yang juga hampir 100% mengeliminasi malaria ialah Jawa Timur dengan capaian 97%. "Jawa Timur hanya tinggal satu kabupatennya yang belum eliminasi," ujar Vensya.

Provinsi lain yang pencapaian eliminasinya di atas 80% ialah Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Sumatera Barat. Sementara angka pencapaian di atas 70% ialah Provinsi Aceh, Bangka Belitung, dan Banten.

Vensya menjelaskan sebanyak 41 kabupaten/kota di Indonesia masih endemis tinggi malaria.

Dia menjelaskan wilayah Kawasan Timur Indonesia (KTI) hingga saat ini masih menjadi endemis tinggi Malaria, bahkan sama sekali belum terbebas dari kasus penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk anopheles tersebut.

"Untuk Kawasan Timur Indonesia belum ada satupun kabupaten/kota yang elimenasi malaria," ujar Vensya.

Provinsi NTT, Maluku, Mauluku Utara, Papua Barat, dan Papua pencapaian eliminisasinya masih 0%.

Di samping itu provinsi yang masih di bawah 30% pencapaian eleminiasi malarianya ialah Jambi, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Kalimantan Utara.

Pencapaian eliminasi malaria secara nasional ialah 48% dengan 247 dari 511 kabupaten/kota tereleminasi malaria.

 

Tag
Editor: Andres Fatubun
dewanpers