web analytics
  

Kurniawan: Seleksi Pemain Muda Harus Lebih Ketat

Sabtu, 25 Maret 2017 20:41 WIB Anggun Nindita Kenanga Putri
Bandung Raya - Bandung, Kurniawan: Seleksi Pemain Muda Harus Lebih Ketat, Milo, sepakbola

Pelatih Milo Football Championship Bandung, Kurniawan Dwi Yulianto. Anggun Nindita/AyoBandung.

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Bandung telah menelurkan banyak talenta pesepakbola. Begitulah kira-kira yang disampaikan oleh mantan pemain Timnas Indonesia Kurniawan Dwi Yulianto. Ia ditunjuk sebagai salah satu pelatih dalam kegiatan Milo Football Championship Bandung, Sabtu (25/3/2017).

“Talenta di Bandung sangat luar biasa. Bisa dilihat dari postur tubuh dan juga kemampuan bermain. Beberapa dari mereka sudah mengetahui dasar-dasar permainan sepakbola,” katanya.

Seiring dengan banyaknya talenta muda yang muncul, Kurniawan mengatakan bahwa seleksi untuk pemain muda kini harus lebih ketat. Pertimbangan ini dilakukan agar para pemain muda tidak hanya bisa menguasai skill di lapangan, tapi juga harus cerdas.

“Sepakbola itu menyenangkan namun tidaklah sederhana. Pemain itu harus cerdas agar bisa mengambil keputusan yang tepat saat di lapangan,” lanjutnya.

Dia juga menekankan bahwa pemain sepakbola wajib memiliki attitude yang baik. Alasannya sepakbola adalah olahraga kolektif yang mencakup banyak hal seperti kepemimpinan, motivasi, kerja sama, dan sportifitas para pemainnya akan sangat dinilai.

Sebagai pelatih, Kurniawan mengakui ada sejumlah kendala.

“Kadang pelatih itu memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap timnya. Padahal dasar-dasar sepakbola itu aslinya mudah, seperti passing, dribling, turning, kicking, control, itu harus kuat untuk usia dini. Agar ke depannya mereka bisa menyesuaikan dengan instruksi pelatih,” paparnya.

Ia berharap bahwa Indonesia bisa memiliki banyak lagi bakat-bakat sepakbola yang dapat mengharumkan nama bangsa. 

 

Editor: Andres Fatubun

artikel terkait

dewanpers