web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Limbahagia, Mitra Bisnis Daur Ulang Sampah Plastik Bertaraf Internasional

Senin, 20 Februari 2017 07:38 WIB Adi Ginanjar Maulana

Seseorang sedang mengolah sampah menjadi sebuah produk di pabrik Limbahagia (Ist)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM—Sampah mungkin untuk sebagian orang masih dianggap sebagai barang yang tidak bernilai dan bermanfaat. Namun sampah bisa mendatangkan berkah jika diolah dan ditangani secara tepat.

Sampah tersebut dapat dikreasikan menjadi produk daur ulang seperti biji plastik" class="related-tag text-orange">plastik atau cacahan plastik" class="related-tag text-orange">plastik yang bernilai jual tinggi. Itulah kreativitas Indra Noviansyah sang pendiri Limbahagia yang mengumpulkan berbagai jenis sampah plastik" class="related-tag text-orange">plastik kemudian diolah untuk dijual lagi ke berbagai perusahaan.

Dimulai pada 2009, Limbahagia menjalani bisnis pengolahan sampah dengan mengajak masyarakat terlibat langsung dan peduli terhadap lingkungannya dengan menawarkan paket kemitraan.

Sistem kemitraan yang ditawarkan di Limbahagia dengan membuka pabrik kecil pengolahan sampah daur ulang.

Limbahagia hadir dengan sistem kemitraan dengan menawarkan membuka pabrik kecil. Mitra nantinya akan mendapatkan pelatihan dan mesin yang sudah diatur mengeluarkan bijih cacahan plastik" class="related-tag text-orange">plastik,” ujar Indra.

Ia menyebutkan investasi yang harus disiapkan seorang investor hanya sebesar Rp85 juta. Dengan modal tersebut, mitra bisnis akan mendapatkan pelatihan gratis serta bimbingan bisnis di dunia daur ulang plastik" class="related-tag text-orange">plastik Indonesia.

“Rata-rata BEP (break event point) di bulan ketiga setelah menjadi mitra Limbahagia.”

Sedangkan untuk pemasaran, mitra bisnis tidak perlu khawatir karena Limbahagia menjamin membeli hasil produk.

“Jaringan kerja yang belum terjalin baik pada akhirnya akan terbentuk seiring menjalani langsung bisnis daur ulang ini,” katanya.

Di samping itu, Limbahagian akan memberikan pelatihan secara langsung kepada mitra sehingga proses kerja mitra lebih terencana, tepat, dan cepat.

“Diharapkan semakin bertambahnya mitra akan menimbulkan kesadaran kepada masyarakat jika sampah memiliki nilai dan bukan tidak mungkin sebagai penghasilan tambahan,” ujarnya

Untuk lebih mengenal Limbahagia, ujar dia, calon investor bisa membuka website Limbahagia yakni www.limbahagia.com.

“Calon investor bisa juga mengenal Limbahagia melalui WA (WhatsApp) dengan nomor 081311024677,” ujarnya.

Sementara itu, seorang profesional dari Banjar Baru Kalimantan Selatan Dr Amin menilai bisnis dengan Limbahagia menjadi panggilan hati untuk turut menjaga lingkungan dengan pengolahan sampah yang benar.

“Bahkan mendatangkan keuntungan finansial yang tidak memalukan untuk ukuran wirausahawan pemula,” ujarnya yang juga seorang pegiat lingkungan hidup itu.(*)

Editor: Adi Ginanjar Maulana
dewanpers