web analytics
  

Setiap Orang Miliki Potensi Kanker

Selasa, 14 Februari 2017 20:52 WIB Asri Wuni Wulandari
Umum - Unik, Setiap Orang Miliki Potensi Kanker, kanker, rumah sakit hasan sadikin

Ilustrasi kanker serviks (primehealth.com)

BANDUNG, AYOBANDUNG – Kanker adalah salah satu penyakit yang mampu membunuh banyak orang. Namun, potensi perkembangan kanker di Indonesia semakin meningkat di tiap tahunnya.

Hal tersebut diungkapkan Susi Susanha, Spesialis Kanker Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) saat diskusi terbuka mengenai pola hidup pemicu kanker di Gedung RSHS, Bandung, Selasa (14/2/2017).

RSHS mencatat, sebanyak 100 pasien pengidap kanker melakukan pengobatan kemoterapi dalam setiap harinya. 

"Pada dasarnya setiap manusia memiliki potensi untuk mengidap kanker," ujar Susi.

Spesialis Bedah Onkologi RSHS, Maman Abdurahman mengatakan bahwa jumlah pengidap kanker di Indonesia semakin bertambah. Hal tersebut terjadi seiring pola makan yang semakin buruk, polusi asap rokok, dan gaya hidup/

"Penyebab kanker itu multi faktor baik dari dalam maupun luar tubuh. Meski sebenarnya kanker bukan penyakit turunan," ujar Maman.

Gaya hidup diet, aktivitas fisik, pengelolaan stres, dan menghindari asap rokok adalah contoh-contoh pola hidup sehat yang mampu mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

Namun kemudian, permasalahan kerap hadir lantaran keterbatasan pengetahuan masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan adanya pendidikan semacam kampanye mengenai bahaya kanker

"Sepatutnya deteksi mengenai kanker dimasukan dalam kurikulum pembelajaran karena pengetahuan tersebut bukan hanya untuk petugas kesehatan tapi juga masyatakat awam," ujar Susi.

Hal itu seringkali mengakibatkan keterlambatan penanganan. Pasalnya, banyak pengidap kanker yang dinyatakan positif kanker ketika telah memasuki tahap stadium tiga.

"Perlu adanya penanganan sedini mungkin agar mencegah sel perusak dalam tubuh tidak menjalar. Sebab sifatnya tidak terkendali," tutup Maman.

(Arfian Jamul)

 

Editor: Asri Wuni Wulandari

artikel terkait

dewanpers