web analytics
  

Kerja Sif Malam Rentan Rusak Kesuburan Wanita

Senin, 13 Februari 2017 08:15 WIB Andres Fatubun

Ilustrasi.

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Berdasarkan hasil penelitian wanita yang bekerja pada malam hari memiliki jumlah sel telur yang lebih sedikit. Hal itu menyebabkan sulitnya mendapatkan keturunan. 

Para peneliti di Universitas Harvard menguji 500 wanita yang mencari terapi kesuburan di Rumah Sakit Umum Massachusetts. Mereka menemukan wanita yang bekerja di luar waktu normal, atau pekerjaan yang memerlukan mengangkat barang berat, kurang subur.

Temuan tersebut didasarkan pada jumlah sel telur yang diproduksi para wanita ketika ovarium mereka distimulasi selama menjalani program bayi tabung.

Wanita yang bekerja pada sif siang memproduksi rata-rata 11.2 sel telur per sesi jika dibandingkan dengan 8.7 yang dihasilkan pekerja sif malam. Hal itu menunjukkan terjadi penurunan sebesar 28%.

Demikian pula wanita yang pekerjaannya mengharuskan mengangkat barang berat. Mereka memiliki jumlah sel telur 14% lebih sedikit.

“Penelitian kami menunjukkan wanita yang berencana hamil mesti menyadari potensi dampak negatif dari pekerjaan sif malam dan mengangkat barang berat pada kesehatan reproduksi mereka,” ujar penulis utama Dr. Lidia Minguez-Alarcón.

Para peneliti meyakini sif malam dapat mengganggu ritme sirkadian dan mencegah sel telur berkembang atau tumbuh.

Penelitian terbaru ini diterbitkan di jurnal Occupational and Environmental Medicine.(Gisa Vadhika Sacawisastra)
 

Editor: Andres Fatubun

artikel lainnya

dewanpers