web analytics
  

Cek Travel Umrah Agar Tidak Tertipu Paket Murah

Minggu, 5 Februari 2017 14:47 WIB Andres Fatubun
Bandung Raya - Bandung, Cek Travel Umrah Agar Tidak Tertipu Paket Murah, Haji,umrah

Ilustrasi ibadah haji. Antara.

BANDUNG,AYOBANDUNG.COM -- Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia mengimbau kepada umat muslim untuk mewaspadai tawaran perjalanan umrah dengan paket murah.

Ketua DPD Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) Jabar, Yusuf Indra Supriatna, mengatajan peminat haji Indonesia sangat tinggi sehingga butuh waktu sampai 17 tahun untuk bisa menunaikan rukun Islam kelima tersebut.

Kondisi tersebut membuat peluang bisnis perjalanan umrah terbuka lebar.

Sebagai penarik masyarakat, kata Yusuf, banyak travel memberikan paket umrah murah. Namun kondisi tersebut dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu atau travel tidak berizin untuk melakukan penipuan.

"Jangan mudah percaya dengan paket murah, jangan-jangan travelnya tidak berizin," tutur Yusuf, Minggu (5/2/2017).

Dia mengungkapkan sudah banyak masyarakat menjadi korban karena tergiur oleh paket umrah murah. Sehingga kewaspadaan harus ditingkatkan supaya tidak menjadi korban.

Dari beberapa kasus yang pernah diketahui, penipuan berkedok paket umrah murah tersebut dilakukan dengan modus harga murah tapi harus menunggu 2-3 tahun.

"Umrah itu tidak ada waiting list seperti haji. Jadi kalau sekarang daftar, bulan depan sudah bisa berangkat. Jangan mudah tergiur biaya murah tapi nunggu beberapa tahun dan akhirnya gagal berangkat, atau di tanah suci terlantar," katanya.

Oleh sebab itu masyarakat harus selektif dalam memilih travel perjalanan. Salah satu cara yang bisa dilakukan kata Yusuf adalah memilih travel kompeten, berizin dan terdaftar.

Untuk mengecek travel penyelenggara umrah dan haji yang terdaftar, kata Yusuf masyarakat bisa mengunjungi website resmi AMPHURI. (Mildan Abdalloh)

Tag
Editor: Andres Fatubun

artikel terkait

dewanpers