web analytics
  

​​Cara Terlelap Tidur dalam Waktu Satu Menit

Senin, 30 Januari 2017 14:52 WIB Andres Fatubun
Umum - Internasional, ​​Cara Terlelap Tidur dalam Waktu Satu Menit, lelap,tidur

Ilustrasi.

BANDUNG, AYOBANDUNG COM -- Bagi Anda yang kesulitan tidur, bisa mencoba latihan sederhana ini. Latihan ini disebut metode "4-7-8". Pertama, bernapaslah dengan tenang melalui hidung selama empat detik. Kedua, tahan napas selama tujuh detik dan ketiga, tarik napas perlahan melalui mulut selama delapan detik.

​Lalu bagaimana hal ini bisa bekerja? Ketika Anda sedang stres atau cemas, jumlah adrenalin dalam darah akan meningkat dan pernapasan Anda menjadi lebih cepat. Metode ‘4-7-8’ bisa dikatakan sebagai latihan yang akan membantu pernapasan lebih rileks. Ketika memulai bernapas dengan tenang, maka irama jantung akan diperlambat. Latihan pernapasan ini bisa disamakan seperti efek obat penenang.

Latihan pernapasan dengan metode ‘4-7-8’ juga akan membantu untuk menenangkan pikiran. Mungkin Anda tidak menyadarinya, tetapi pada saat latihan pernapasan secara tenang, yang terjadi adalah sistem saraf pusat secara bertahap mengurangi aktivitasnya sehingga perasaan cemas hilang. Hasilnya adalah bahwa seluruh tubuh Anda rileks.

Hal ini pernah diteliti Andrew Weil, seorang doktor dari Harvard dan guru pengobatan alternatif terkemuka yang menemukan bahwa metode '4-7-8' telah terkenal sebagai salah satu panduan yoga di India selama beberapa abad. Mereka menggunakannya selama latihan meditasi untuk mencapai keadaan relaksasi yang​ lengkap. (Anggun Nindita)
   

Tag
Editor: Andres Fatubun

artikel terkait

dewanpers