web analytics
  

Pemkot Tasik Siap Hidupkan Kembali Seni Religi

Sabtu, 28 Januari 2017 06:55 WIB Andres Fatubun
Umum - Nasional, Pemkot Tasik Siap Hidupkan Kembali Seni Religi, Tasik,religi

Seni marawis. Antara.

TASIK, AYOBANDUNG.COM -- Setelah sempat vakum dalam beberapa tahun terakhir, seni religi di Tasikmalaya kembali akan diberdayakan pada tahun 2017 ini. Rencananya, moment bulan ramadan dan rajab jadi ajang pergelaran khusus seni religi di Kota Santri ini.

Kepala Seksi Bina Kesenian Disparbudpora Kota Tasikmalaya, Elis Darliani, mengatakan sesuai dengan arahan Kepala Dinas Disparbudpora Kota Tasikmalaya yang menginginkan kembali digelarnya program "ngabuburit", secara otomatis pelaku seni religi akan kembali terangkat.

"Dulu sempat ada, tapi dalam dua tahun terakhir hilang. Sekarang saya mau kembali hadirkan acara ngabuburit di bulan ramadan nanti," katanya kepada AyoBandung, Jumat (27/1/2017).

Menurutnya, sebagai Kota Santri sudah selayaknya Tasik menampilkan segala sesuatu yang berkaitan dengan Islami termasuk dari sisi keseniannya. Ada banyak potensi kesenian religi di Tasik seperti marawis, qasidah, nasyid, dan lain-lain.

"Ada puluhan sanggar seni religi yang dulu eksis, tapi akhir-akhir ini belum tahu bagaimana kondisinya. Sebab, sudah lama tidak ada wadah acaranya buat mereka," ucapnya.

Elis menuturkan setiap pergelaran ngabuburit di Tasikmalaya biasanya berlangsung di pusat kota atau kawasan Mesjid Agung Tasikmalaya. Durasinya mulai pukul 15.30 sampai 17.30 WIB.

"Ya kurang lebih ada 2 jam kesempatan buat mereka untuk tampil," pungkasnya. (Fajar Sukma).

Editor: Andres Fatubun

artikel terkait

dewanpers