web analytics
  

Pemkab Bandung Kaji Wisata Curug Batu Templek

Selasa, 17 Januari 2017 04:54 WIB Adi Ginanjar Maulana
Gaya Hidup - Wisata, Pemkab Bandung Kaji Wisata Curug Batu Templek, batu templek

Batu Templek.(Arfian)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM--Wisata alam di Kabupaten Bandung seolah tak pernah kehabisan potensi. Kali ini, Curug Batu Templek yang terletak Jalan Pasir Impun Atas Desa Cikadut Kecamatan Cimenyan mulai terdeteksi.

Curug yang dengan ketinggian lebih 53 meter itu menyuguhkan panorama alam khas pegunungan yang sejuk dan asri. Lekukan batu dinding curug yang terbentuk secara alami juga menjadi daya tarik tersendiri.

Di balik itu, kemolekan Curug Batu Templek belum dijamahi banyak orang. Destinasi wisata alternatif satu ini masih belum masuk ke dalam radar wisatawan.

Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung Rully Jaya Permana mengatakan pihaknya akan melakukan survei kawasan tersebut untuk melihat potensi yang disuguhkan Curug Batu Templek.

"Kita belum mendapat laporan (keberadaan Curug Batu Templek). Kita akan lihat potensi wisatanya seperti apa, daya jualnya apa saja," kata Rully kepada wartawan di Soreang, Senin (26/1/2017).

Dia melanjutkan Disparbud tidak bisa sekonyong-konyong membaptis Curug Batu Templek sebagai tempat pariwisata. Perlu ada tahapan-tahapan prosedural agar kawasan tersebut bisa disahkan sebagai objek wisata legal.

"Harus didaftarkan dulu, supaya ada datanya. Kita lihat pemilik lahannya siapa. Apakah bisa dikembangkan atau tidak, itu tergantung pengelola. Kita siap bekerja sama," terangnya.

Selain itu, kajian juga bakal dilakukan untuk menguji tingkat kemanan lokasi Curug Batu Templek. Pasalnya, bagian bawah curug yang masih dijadikan lokasi penambangan batu templek.

"Kalau misalnya ada penggalaian, itu bisa bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup. Juga harus ada pengawasan, apakah lokasinya berbahaya atau tidak," kata dia.(Hengky Sulaksono)

Editor: Adi Ginanjar Maulana
dewanpers