web analytics
  

Habib Rizieq Bantah Lecehkan Lambang Negara

Kamis, 12 Januari 2017 18:03 WIB Adi Ginanjar Maulana
Bandung Raya - Bandung, Habib Rizieq Bantah Lecehkan Lambang Negara, habib rizieq,fpi

Imam Besar Front Pembela Islam atau FPI usai diperiksa terkait dugaan pelecehan terhadap lambang negara selama enam jam di Mapolda Jabar, Kamis (12/1/2017).(Danny/AyoBandung)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM—Imam Besar Front Pembela Islam atau FPI diperiksa terkait dugaan pelecehan terhadap lambang negara selama enam jam di Mapolda Jabar, Kamis (12/1/2017).

"Saya tidak pernah mencemarkan nama baik Bung Karno. Justru saya hanya mengkritik Pancasila usulan Bung Karno yang diusulkan 1 Juni 1945," katanya.

Ia hanya mengkritik Pancasila usulan Bung Karno yang menempatkan sila pertama Ketuhanan yang Maha Esa di sila terakhir sebelum disahkan menjadi lambang negara.

Selama pemeriksaan ada 22 pertanyaan yang diajukan penyidik. Namun ia lebih banyak memaparkan tesis ilmiah S2-nya dengan judul “Pengaruh Pancasila Terhadap Penerapan Syariat Islam di Indonesia”.

Apabila hal tersebut diajukan ke persidangan tidak bisa dilakukan karena sebagai karya ilmiah.

Ia pun menolak barang bukti video yang diperlihatkan penyidik yang berdurasi 2-3 menit. "Video ini sulit dipertanggungjawabkan," katanya.

Kapolda Jabar Irjen Pol Anton Charliyan mengatakan video yang diperlihatkan tidak mungkin seluruhnya karena berdurasi sekitar satu jam. “Namun hanya yang intinya saja, dan sudah diperiksa oleh laboratorium hasilnya asli," katanya.

Sudah ada 10 saksi yang diperiksa hasilnya positif. Menurut Kapolda, Habib selama diperiksa kurang kooperatif.

Habib Rizieq dikenakan Pasal 310 dan 154 tentang Penodaan Lambang Negara.

Kapolda menegaskan akan ada pemeriksaan lanjutan pada pekan depan untuk dikonfrontir dengan saksi lain.(Faqih Rohman)

Editor: Adi Ginanjar Maulana

artikel terkait

dewanpers