web analytics
  

Begini Cara Efektif Cegah Kanker Payudara

Minggu, 6 November 2016 16:59 WIB Adi Ginanjar Maulana
Umum - Unik, Begini Cara Efektif Cegah Kanker Payudara, kanker,kanker payudara,payudara

(Net)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Data menunjukkan kanker payudara merupakan pembunuh nomor dua setelah kanker leher rahim.

Namun, masih perlu banyak penelitian untuk benar-benar memahami penyebab kanker payudara.

Tetapi ada langkah-langkah tertentu yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi kemungkinan Anda terkena kanker payudara.

"Ini benar-benar penting untuk memahami bahwa Anda dapat mengambil tindakan pencegahan. Ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko kanker payudara," kata kepala program gizi bagi organisasi, Alice Bender, seperti dilansir Today, Minggu (6/11/2016).

1. Memiliki berat badan yang sehat

Ini adalah salah satu perubahan gaya hidup yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko kanker payudara pasca-menopause dan 10 kanker lainnya.

Itu karena kelebihan lemak tubuh dapat memproduksi bahan kimia yang mempromosikan peradangan kronis, peningkatan kadar insulin dan hormon yang dapat memicu pertumbuhan sel.

BMI (indeks massa tubuh) dan ukuran pinggang bisa menjadi indikator yang baik apakah Anda memiliki berat badan yang sehat.

Kelebihan lemak di area pinggang mungkin sangat mengkhawatirkan.
Mengikuti diet nabati, menjaga asupan kalori Anda, dan makan banyak sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan dapat mencegah kanker payudara.

2. Aktivitas fisik

Aktivitas fisik mengurangi risiko kanker payudara kedua pra-menopause dan pasca-menopause.

Tindakan sederhana menggerakkan tubuh Anda juga dapat membantu menjaga berat badan Anda, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu menjaga saluran pencernaan dalam kondisi yang baik.

Lakukan minimal 30 menit aktivitas fisik moderat setiap hari. Jalan cepat dapat meningkatkan denyut jantung.

3. Hindari mengkonsumsi alkohol
Alkohol adalah karsinogen. Alkohol dapat merusak DNA dan meningkatkan hormon seperti estrogen dalam tubuh yang dapat menyebabkan kanker.

Editor: Adi Ginanjar Maulana

artikel terkait

dewanpers