web analytics
  

Kadisdik: FAGI Tak Penuhi Syarat Kelola Dana Hibah Guru Honor

Jumat, 14 Oktober 2016 19:11 WIB Yatti Chahyati
Bandung Raya - Bandung, Kadisdik: FAGI Tak Penuhi Syarat Kelola Dana Hibah Guru Honor, dana hibah, hibah honorer, Kadisdik Kota bandung, Elih Sudiapermana, Kadisdik, FAGI

Kadisdik Kota Bandung

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung Elih Surdiapermana mengaku merubah rekomendasi untuk menyalurkan dana hibah bagi guru honorer ke asosiasi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Bandung. Pasalnya, Federasi Asosiasi Guru Indonesia (FAGI) Bandung dinyatakan tidak memenuhi syarat secara administrasi setelah dilakukan verifikasi.

Menurut Elih, awalnya Disdik Kota Bandung memberikan rekomendasi PGRI kepada Inspektorat. Namun pada Juni silam, pihak PGRI mengatakan tidak menyanggupi untuk menyalurkan dana hibah sebesar Rp58 miliar. Disdik pun kemudian merekomendasikan FAGI untuk menyalurkan mandat tersebut.

"Setelah FAGI direkomendasi kemudian di verifikasi oleh tim dibawah pak inspektur ada beberapa persyaratan yang tidak bisa dipenuhi. Jadi kita rekomendasikan kembali PGRI untuk menyalurkan bantuan itu," kata Elih saat ditemui Ayobandung.com di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Jumat (14/10/2016).

Elih mengatakan, Iwan Hermawan sebagai Ketua FAGI Bandung pun telah menyarankan kepada Disdik untuk merekomendasikan organisasi lain perihal penyaluran bantuan tersebut. Disdik pun akhirnya kembali memilih PGRI kembali sebagai penyalur dana hibah tersebut.

"Karena tidak ada surat dari pak Iwan, karena hanya telepon secara lisan karena tidak dipenuhi tolong minta direkomendasikan ke yang lain. Jadi Disdik melimpahkan rekomendasi itu ke PGRI," tuturnya.

Guna memuluskan langkah tersebut, rencananya pada pekan depan Disdik kembali akan bertemu dengan Inspektorat untuk membahas penyalur dana hibah itu. Pasalnya, dana hibah tersebut harus sudah mulai tersalurkan sebelum batas akhir yakni 31 Desember.

"Kita upayakan bulan depan (Novrmber) sudah bisa pencairan, dan sekarang dua minggu ini dengan tim TP4D (Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah) sudah bulat untuk memutuskan," pungkasnya.

Sementara itu, dana hibah yang dikucurkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung sebesar Rp58 miliar itu diperuntukkan kurang lebih 19 guru honorer di Kota Bandung. Jika hingga 31 Desember tidak dilakukan pencairan, maka belasan ribu guru honorer dipastikan tidak akan dapat dana hibah tersebut.

"Artinya kan ya pemerintah sudah menyediakan, ajak bicara temen-temen ini (organisasi guru) ikut membantu jangan sampai uang bantuan itu tidak bisa disalurkan," tandasnya. (Roni)

(Baca juga : Penyalur Dana Hibah Guru Honorer PGRI Rekomendasi Disdik) 

Editor: Yatti Chahyati

artikel terkait

dewanpers