web analytics
  

Ingin Kopi Miliki Rasa Pas, Ini Suhu Airnya

Jumat, 7 Oktober 2016 12:24 WIB Yatti Chahyati
Gaya Hidup - Wisata, Ingin Kopi Miliki Rasa Pas, Ini Suhu Airnya, kopi, membuat kopi, suhu air, menyeduh kopi

ilustrasi (www.coffeesumatera.com)

BANDUNG,AYOBANDUNG.COM - Setiap penikmat kopi, tentu menginkan supaya kopi yang dinikmatinya mempunyai rasa  nikmat. Di kedai-kedai kopi, rasa menjadi hal mendasar, namun tentu saja harga yang harus dibayar cukup lumayan.

Menyeduh sendiri bisa menjadi pilihan, jika tidak mempunyai waktu luang pergi ke kedai kopi atau sedang tidak mempunyai uang. Namun, jika tidak tahu cara menyeduh yang benar, bisa jadi bukan nikmat yang dirasa.

Maker Kopi Beta Cofee, Hangga mengatakan, supaya kopi yang diseduh memiliki rasa nikmat, yang paling harus diperhatikan adalah tempetatur air, dengan temperatur yang pas, maka rasa asli kopi akan keluar.

"Setiap kopi mempunyai rasa berbeda, berbagai teknik biasa dilakukan oleh para maker untuk mengeluarkan rasa kopi itu. Tapi pada dasarnya yang terpenting itu bukan teknik dan alat pembuat kopi, tapi temperatur air yang harus sesuai," tutur Hangga, Kamis (6/10/2016).

Dia menjelaskan, kopi akan mengeluarkan rasa yang pas jika diseduh menggunakan air dengan temperatur antara 90 sampai 95 derajat. Lebih atau kurang dari temperatur tersebut, rasa kopi akan hilang.

"Kalau terlalu panas, misalkan lebih dari 95 derajat, akan terasa lebih pahit," katanya.

Sementara, jika diseduh menggunakan air dengan temperatur kurang dari 90 derajat, maka kopi akan terasa lebih asam.

Untuk mengetahui temperatur air, para maker kopi sudah terbiasa menggunakan termometer yang biasanya menyatu dengan teko.

"Kalau tidak punya teko yang dilengkapi termometer, air yang mendidih sebelum dugunakan menyeduh kopi, biarkan dulu kira-kira dua sampai tiga menit," katanya. (Daneza)

Editor: Yatti Chahyati

artikel terkait

dewanpers