web analytics
  

Delapan Nominasi FFB untuk Film Rudi Habibie

Rabu, 10 Agustus 2016 17:56 WIB Yatti Chahyati
Gaya Hidup - Komunitas, Delapan Nominasi FFB untuk Film Rudi Habibie, film Rudy Habibie, FFB, nominasi, forum film bandung, reza herlambang,

Film Rudy Habibie dinominasikan menerima delapan penghargaan di FFB (www.storibriti.com)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM - Film garapan sutradara Hanung Bramantyo, "Rudy Habibie (Habibie Ainun 2) yang bercerita tentang Presiden Ketiga Indonesia, BJ Habibie berhasil meraih delapan dari 11 nominasi Festival Film Bandung ke-29 Tahun 2016, termasuk untuk kategori Film Terpuji Festival Film Bandung 2016.

Pengumuman nominasi Festival Film Bandung 2016, dilakukan oleh Forum Film Bandung, di Museum Sribaduga Kota Bandung, Rabu.

Film "Rudi Habibie" yang dibintangi oleh aktor Reza Rahadian dan aktris Chelsea Islan ini meraih delapan nominasi di ajang FFB 2016 untuk kategori Film Terpuji, Pemeran Utama Pria Terpuji (untuk Reza Rahadian), Pemeran Utama Wanita Terpuji (untuk Chelsea Islan).

Kemudian untuk kategori Pemeran Pembantu Wanita Terpuji (untuk Indah Permatasari), Sutradara Terpuji (untuk Hanung Bramantyo), Penulis Skenario Terpuji (untuk Ginantri S Noer dan Hanung Bramantyo), Penata Kamera Terpuji (Ipung Rachmat Syaiful) dan Penata Artistik Terpuji (untuk Fauzi).

Film kedua yang meraih nominasi terbanyak setelah Film "Rudy Habibie" adalah film garapan sutradara Garin Nugroho yakni "Aach..Aku Jatuh Cinta".

Di ajang FFB 2016, film "Aach..Aku Jatuh Cinta" meraih tujuh nominasi untuk kategori Pemeran Utama Pria Terpuji (untuk Chicco Jerikho), Pemeran Utama Wanita Terpuji (untuk Pevita Pearce), Pemeran Pembantu Wanita Terpuji (untuk Nova Eliza), Penata Editing Terpuji (untuk Andhy Pulung), Penata Kamera Terpuji (untuk Batara G Siagian, Penata Artistik Terpuji (untuk Allan Sebastian) dan Penata Musik Terpuji (untuk Charlie Meliala).

Ketua Dewan Pembina Forum Film Bandung Periode 2014-2017 Chand Parwez Servia mengatakan selama kurun waktu Agustus 2015 hingga Juli 2016 atau kurang lebih satu tahun pihaknya mengapresiasi 115 judul film nasional yang tayang dibioskop Kota Bandung.

Dalam satu tahun pengamatan tersebut, kata dia, FFB memberikan penilaian hampir kepada 58 persen dari total 115 judul film nasional tersebut untuk diperhatikan lebih detail.

"Dari 58 persen film yang layak diperhatikan, hanya sekitar 25 persen dari 115 judul film tersebut hanya sekitar 30 judul film yang tersaring menjadi 15 daftar nominasi Film Terpuji beserta judul film lain yang hanya dinominasikan unsur-unsurnya (narafilm)," kata dia.

Menurut dia, sistem penilaian tahun 2016 ini melibatkan banyak pengamat mulai dari kalangan generasi muda yang aktif di komunitas film di Kota Bandung, blogger dan penonton aktif.

Malam puncak Festival Film Bandung ke-29 akan dilaksanakan pada tanggal 24 September 2016 di Kota Bandung, dan akan ditayangkan oleh salah satu stasiun televisi swasta Indonesia.(*)

   

 

Editor: Yatti Chahyati

artikel terkait

dewanpers