web analytics
  

Hindari Makanan Berpengawet, Teliti Sebelum Membeli

Rabu, 27 Juli 2016 14:51 WIB Yatti Chahyati
Bandung Raya - Bandung, Hindari Makanan Berpengawet, Teliti Sebelum Membeli, mie berformalin, formalin, Kasat Narkoba Polres Bandung, AKP Budi Nuryanto, polisi

iluistrasi (beritadaerah.co.id)

BANDUNG,AYOBANDUNG.COM - Kabupaten Bandung merupakan daerah yang cukup rawan terhadap peredaran mie berformalin. Masyarakat diminta untuk selalu hati-hati dan teliti dalam membeli makanan.

Kasat Narkoba Polres Bandung, AKP Budi Nuryanto mengatakan, dalam satu tahun terakhir, Polres Bandung telah menggrebek pabrik pembuatan mie yang menggunakan formalin sebagai bahan pengawetnya.

"Terakhir kemarin (26/7/2016) kami mengamankan 1,2 ton mie berformalin yang akan dijual di berbagai pasar," tutur Budi, Rabu (27/7/2016).

Mie tersebut dibuat di salah satu pabrik di kawasan Kecamatan Cimaung. 10 orang pekerja dan pemilik pabrik diamankan dari pabrik tersebut.

"Rata-rata pabrik mie yang menggunakan formalin beroperasi antara tiga sampai lima bulan sebelum kami amankan," ujarnya.

Dari tiga pabrik yang digrebek dalam satu tahun terakhir, mie yang diproduksi disebarkan tidak hanya di wilayah Kabupaten Bandung saja, melainkan ke berbagai daerah lain, seperti Kota Bandung dan kabupaten Sumedang.

Budi mengimbau warga untuk berhati-hari dalam membeli makanan, terlebih makanan olahan yang rentan ditambah bahan pengawet berbahaya. Konsumen, katanya, sebaiknya membeli makanan olahan yang telah memiliki izin produksi dari Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan.

"Jika menemukan ada makanan yang dicurigai menggunakan formalin atau bahan berbahaya lainnya, segera melapor ke kepolisian terdekat, supaya bisa dilakukan tindakan,"imbaunya. (Daneza)

Editor: Yatti Chahyati

artikel terkait

dewanpers