web analytics
  

Kejari Bandung Musnahkan Ribuan Barang Bukti

Rabu, 20 Juli 2016 15:49 WIB Yatti Chahyati
Bandung Raya - Bandung, Kejari Bandung Musnahkan Ribuan Barang Bukti, barang bukti, kejari, kejaksaan,musnahkan barang bukti

MUSNAHKAN : Kejari) Bandung memusnahkan ribuan barang bukti. (Roni/AyoBandung)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM - Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandung memusnahkan ribuan barang bukti hasil dari ratusan perkara yang ditindak dalam kurun waktu selama dua tahun.

Puluhan juta uang palsu, senjata api hingga berabagai jenis narkoba digilas oleh kendaraan berat di halaman Kejari Bandung, Jalan Jakarta, Rabu (20/7/2016).

Dibawah guyuran hujan, proses pemusnahan barang bukti hasil penanganan 674 perkara diawali dengan pemotongan pucuk senjata oleh Kepala Kejati Jabar Setia, Untung Arimuladi. Pemusnahan tersebut dilakukan untuk menghindari oknum yang memanfaatkan berbagai jenis barang bukti.

"Ini adalah cara paling tepat dengan membakar dan menghancurkan. Agar tidak diedarkan lagi oleh oknum yang memanfaatkan barang bukti ini," kata Untung kepada awak media di halaman Kejari Bandung, Jalan Jakarta, Rabu (20/7/2016).

Sebanyak lima pucuk senjata api yang dimusnahkan terdiri satu pucuk senjata api merek North American Arms Corp Spanish, dua pucuk senjata Revolver kaliber 32mm, dua pucuk senjata api rakitan dan 64 buah peluru berbagai kaliber. Barang bukti lainnya untuk jenis narkotik yaitu ganja seberat 54 kilogram, sabu dua kilogram, heroin 38,6 gram dan ekstasi 668 butir.

"Untuk psikotropika sebanyak 4.103 tablet dari berbagai merk seperti Dumolid, Rophinol, Lexotan, Aprazolam, Diazepam, Riknola, Algonax, Nitrazepam," tuturnya.

Selain itu, sebesar Rp91.550.000 uang palsu dimusnahkan dengan pecahan 50 ribu dan 100 ribu termasuk lembaran-lembaran rupiah palsu yang belum jadi. Sejumlah jamu, makanan impor, minuman kemasan, kosmetik, obat-obatan, dan mi basah turut dimusnahkan lantaran melanggar Undang-undang Kesehatan dan Makanan.

"Sementara untuk tindak pidana khusus yang kami musnahkan itu miras import tanpa cukai berbagai merk sebanyak 1.077 botol. Hal ini sebagai upaya untuk bersama-sama melindungi anak dari barang-barang membahayakan," pungkasnya.(Roni)

Editor: Yatti Chahyati

artikel terkait

dewanpers