web analytics
  

Review Steelseries Apex 350: Keyboard Gaming dengan Segudang Fitur!

Selasa, 7 Juni 2016 15:21 WIB Yatti Chahyati
Umum - Unik, Review Steelseries Apex 350: Keyboard Gaming dengan Segudang Fitur!, Review Steelseries Apex 350, keyboard, mouse, navigasi, komputer

Review Steelseries Apex 350 (ist)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM - Keyboard, perangkat ini mungkin adalah perangkat yang paling penting saat anda menggunakan komputer. Dengan keyboard anda juga dapat melakukan navigasi walaupun tanpa mouse. Keyboard hadir dalam bentuk dan fitur yang beragam.  

Jika anda mencari keyboard yang memiliki segudang fitur, bentuk yang menawan, nyaman digunakan, maka Steel series Apex 350 adalah keyboard yang tepat.

Keyboard yang saya beli kebetulana dalah Apex 350 Fnatic Edition. Tidak ada upgrade atau fitur yang hilang, hanya bertematim E-Sport Fnatic. Keyboard ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan keyboard pada umumnya.

Keyboard ini memakai rubberdome switch sehingga keyboard ini akan senyap ketika dipakai. Tombol yang terdapat pada keyboard ini juga lebih banyak. Keyboard ini juga dilengkapi LED RGB 16,8 juta warna di berbagai lighting zone. Keycaps pada keyboard ini mirip dengan keyboard laptop, rata dan butuh jarak lebih sedikit untuk ditekan sampai memasukan input.

Desain keycaps ini membuat respon dan gerak jari lebih cepat serta meminimalisir caps yang tak sengaja tertekan saat jari anda bergerak menuju caps yang dituju. Hal yang unik dari keyboard ini adalah tombol space bar.

Space bar di keyboard ini lebih besar dari space bar keyboard pada umumnya. Keyboard ini juga memiliki 2 colokan USB di bagian atas keyboard yang dapat anda pakai untuk mencolok flashdrive atau peripheral lain.

Anda akan mendapatkan 2 set dudukan karet yang dapat anda pasang di bagian belakang atas keyboard. Dudukan karet ini cukup baik untuk menahan keyboard agar tidak bergerak kemana-mana saat dipakai.

Keyboard ini sangat nyaman dipakai saat bermain maupun mengetik. Keyboard ini memilki palm rest yang berbahan plastik doff sehingga tahan akan sidik jari. Tidak semua bagian keyboard ini tahan sidik jari seperti bagian glossy dari keyboard dan keycapsnya.

Jika anda seorang MMO/RTS gamer atau editor yang menggunakan program dengan shortcut yang banyak, maka keyboard ini akan sangat membantu. Anda dapat memprogram setiaptombol makro pada keyboard ini dengan software Steelseries Engine 3.

Nilai plus tombol makro ini dibandingkan keyboard sejenis adalah fungsi layer. Dengan layer, anda dapat mengganti profil makro dengan menekan tombol layer yang berjumlah empat di pojok kiri atas keyboard.

Anda juga dapat mengatur LED keyboard ini denganSteelseries Engine 3. Misal Layer 1 akan membuat LED menjadi merah dan Layer 2 akan membuat LED menjadi biru. Dengan ini anda akan mudah mengidentifikasi profil apa yang sedang andagunakan.

Keyboard ini juga menyediakan berbagai tombol multimedia seperti play, previous track, next track, mute, volume up dan volume down. Keyboard ini juga menyediakan tombolFn (Function) yang dapat anda kombinasikan dengan tombol tertentu. Contohnya Fn+Windows untuk menonaktifkan tombol windows, Fn+volume up/volume down untuk mengatur kecerahan LED keyboard dan lain-lain. Anda juga dapat memanfaatkan tombol Fn ini untuk membuat kombinasi makro.

Nah, bagianda yang memiliki meja yang kecil, saya rasa keyboard ini tidak cocok untuk anda dan meja anda. Dimensinya yang besar akan memakai sebagian besar ruang meja anda.

Jika anda memiliki mousepad yang besar maka kemungkinan besar ruang meja anda akan semakin sempit. Ujung konektor USB keyboard ini berjumlah dua. Jika anda tidak memiliki USB port yang mencukupi maka anda tidak dapat menggunakan semua fitur keyboard ini secara maksimal.

Terakhir, keyboard ini akan sangat mudah kotor mengingat banyaknya bagian glossy dari keyboard ini dan mungkin tidak semua tombol akan terpakai sehingga debu akan mengendap di beberapa bagian keyboard yang tidak anda gunakan.

Keyboard ini dapat anda bawa pulang dengan uang sejumlah 1 sampai 1,5juta rupiah. Harga yang cukup masuk akal karena banyak sekali fitur dan potensi yang dapat anda gunakan pada keyboard ini.

SitusresmiSteelseries Apex 350:
https://steelseries.com/gaming-keyboards/apex-350

*) Raka Adhi. Baru lulus SMA. Senang menulis artikel tentang teknologi, game, film, airsoft, jejepangan, dan militer. Bila memiliki pertanyaan silahkan kirim email [email protected]

 

Editor: Yatti Chahyati
dewanpers