web analytics
  

Bandung Bakal Wajibkan Balita PAUD

Sabtu, 14 Mei 2016 17:25 WIB Yatti Chahyati
Bandung Raya - Bandung, Bandung Bakal Wajibkan Balita PAUD, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), PAUD, Kadisdik Kota Bandung, Elih sudiapermana

ilustrasi (www.satujam.com)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM - Kota Bandung akan mewajibkan anak usia 5-6 tahun untuk mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

"Jadi, Kota Bandung jadi kota rintisan yang mewajibkan anak untuk mengikuti PAUD satu tahun sebelum masuk Sekolah Dasar (SD)," ujar Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Bandung, Elih Sudiapermana, kepada wartawan (14/5/2016).

Elih mengatakan, dengan program ini, bukan berarti anak-anak usia PAUD harus bisa membaca dan berhitung.

"Karena yang penting di usia ini adalah bermain. Kalaupun mereka belajar, yang diperbanyak adalah permainan. Jadi menggunakan sistem belajar sambil bermain," paparnya.

Yang ditekankan di jenjang ini, adalah sosialisasi anak dengan anak-anak seusianya. Sehingga diharapkan, bisa menstimulasi staraf otak anak dan anak bisa berkembang dengan baik.

Meski diwajibkan masuk PAUD sebelum duduk di bangku SD, tidak berarti ijazah PAUD menjadi salah satu syarat masuk SD.

"Yang diharuskan adalah proses nya, bukan semata-mata ijazahnya," tegasnya.

Dalam pengembangan ‎program ini, Pemkot Bandung tengah melakukan pemetaan, di RW mana saja yang belum memiliki PAUD.

"Kita ke depannya mengharuskan satu RW satu PAUD. Karenanya, sekarang didata, mana saja yang di RW nya belum ada PAUD," tambahnya.

Elih menegaskan, mendirikan PAUD tidak harus memiliki fasilitas yang mewah. Yang penting memiliki gedung memadai.

"Bahkan bisa menggunakan gedung, kelurahan, atau gedung serbaguna lainnya," terangnya.

Untuk mendukung suksesnya Program ini, Pemerintah pusat melalu DAK, memberikan bantuan sebesar Rp15,6 milyar. Jika dibagi seluruh PAUD yang ada di Kota Bandung, maka satu yayasan PAUD kira-kira mendapatkan Rp12 juta per tahun.

"Jumlah yayasan PAUD di Kota Bandung sendiri sekitar 1300. Yang terdiri dari kelopok berbain, PAUD, day Care dan taman kanak-kanak," paparnya.

Sementara itu, APBD Kota Bandung menganggarkan Rp5 milyar untuk program ini.

"Jadi jika di gabung, bantuan untuk pengembangan PAUD di Kota Bandung sekitar Rp20 milyar per tahun," pungkasnya. ‎(anjani)

 

Editor: Yatti Chahyati

artikel terkait

dewanpers