web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Aher Janjika Pecahkan Beberapa Rekor Saat PON

Minggu, 17 April 2016 18:48 WIB Yatti Chahyati

ilustrasi (beritadaerah.co.id)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM - Gubernur Jabar H Ahmad Heryawan optimistis Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 Jabar akan menghadirkan sejumlah rekor baik pada pertandingan cabang olahraga maupun penyelenggaraannya.

"Akan banyak rekor tercipta pada PON XIX/2016 mendatang baik pada pertandingan maupun dalam acara penyelenggaraanya, salah satunya tarian kolosal yang akan menghadirkan 7.000 penari akan coba didaftarkan ke MURI," kata Gubernur Heryawan pada acara sosialisasi PON XIX/2016 Jabar di Kawasan Jalan Fathu Soreang Kabupaten Bandung, Minggu.

Kegiatan yang digelar berbarengan pada aktivitas liburan warga di Soreang, Ibukota Kabupaten Bandung, itu dihadiri juga oleh Bupati Bandung H Dadang M Naser.

Pada acara itu, ia juga menyebutkan pargelaran seni budaya terbesar sepanjang sejarah PON XIX/2016 Jabar juga akan terjadi pada pembukaan pekan olahraga empat tahunan yang akan digelar 17-29 September 2016 itu.

"Tarian kolosal itu berupa seni dan budaya terbesar sepanjang sejarah, dan layak masuk MURI," katanya.

Selain itu, PON XIX/2016 Jabar juga akan memperebutkan 754 medali emas atau 754 nomor pertandingan. Jumlah itu merupakan jumlah nomor dan medali emas terbanyak sepanjang sejarah PON XIX/2016. Selain itu juga Jabar menggelar pertandingan yang disebar di 15 kabupaten/kota, atau sebaran tempat pertandingan terbanyak.

Ia juga optimistis, akan lahir rekor-rekor baru pada pertandingan, khususnya untuk olahraga terukur seperti atletik, angkat berat dan besi, dayung, balap sepeda, renang dan lainnya.

"Sesuai dengan tema besarnya, Berjaya di Tanah Legenda. Selain telah melahirkan legenda olahraga, PON XIX/2016 Jabar juga akan melahirkan legenda-legenda baru olahraga," kata Heryawan.

Di sisi lain, kata Heryawan PON XIX/2016 telah memunculkan spirit untuk membangun sarana olahraga di daerah yang refresentatif. Ia mencontohkan, bila sebelumnya Jabar hanya memiliki Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung yang bertarat internasional, namun sekarang telah berdiri stadion bertaraf internasional lainnya di Jabar seperti di Bekasi, Kabupaten Bogor dan di Cirebon.

Gubernur Heryawan yang juga Ketua PB PON XIX/2016 Jabar itu mengajak warga Kabupaten Bandung, warga Jabar dan umumnya seluruh masyarakat Indonesia untuk mensosialisasikan PON XIX/2016 Jabar karena perhelatan itu merupakan perhelatan nasional.

Terlebih, kata Gubernur Jawa Barat, Kabupaten Bandung akan menjadi tuan rumah pertandingan delapan cabang olahraga dan akan menjadi tuan rumah upacara Pembukaan dan Penutupan PON XIX/2016 yang akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung.

Selain cabang olahraga sepak bola, Kabupaten Bandung juga akan menjadi tuan rumah pertandingan PON XIX/2016 untuk cabang angkat berat dan besi, binaraga, panahan, sofbol dan bisbol, aeromodeling dan menembak. (*)

Editor: Yatti Chahyati

artikel lainnya

dewanpers