web analytics
  

Bandung Bakal Punya KPK Versi Sendiri Lho

Jumat, 1 April 2016 12:21 WIB Yatti Chahyati
Bandung Raya - Bandung, Bandung Bakal Punya KPK Versi Sendiri Lho, KPK, kompisi pemberantasan korupsi, emil, kpk versi bandung

ilustrasi (http://www.ymp.or.id/wp-content/uploads/2015/08/KPK.jpg)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM - Mengingat ‎ kasus korupsi di Indonesia cukup mengkhawatirkan, pemkot Bandung berinisiatif secara sistematis membentuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) versi kota, bernama forum pemantau zona integritas lingkungan pemerintahan Kota Bandung.

"Ini merupakan tim independen dari luar pemkot terdiri dari media massa, ICW, transparansi internasional, Unpad (akademisi) dan komunitas," ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil kepada wartawan, Jumat (1/4/2016).

Menurut Emil, ini merupakan mimpi mereformasi birokrasi kota Bandung. Dan atas semua ini, Emil mengaku senang karena semua  bisa terwujud.

Tugasnya sendiri mirip KPK yakni melakukan pencegahan, pembinaan dan pendidikan namun tidak ada penindakan karena tidak ada payung hukum.

"Kita memberi nama ini sebagai forum," terangnya.

Tim diberikan kewenangan dan akses sepenuhnya untuk mengawasi, membuka data, menerima laporan warga.

"Tim tersebut rutin setiap bulan melaporkan hasilnya ke Walikota, Inspektorat dan pihak aparat hukum terkait," tambahnya.

Dengan adanya forum ini, diharapkan di kota Bandung mempunyai sistem dan birokasinya pun paham ada KPK versi kota yang aktif memantau dan mengawasi mereka.

"Harapan kami, tim ini dijadikan contoh bagi kota lain," tegasnya.

Disinggung fungsi inspektorat sendiri kata Emil, sama halnya dengan KPK, kenapa harus dibentuk KPK padahal ada kejaksaan dan kepolisian.

"Nah inspektorat merupakan PNS sehingga merasa canggung saat mengawasi temen-temannya sedang tim independen di luar birokrasi atau forum zona itu tidak ada akan canggung untuk melakukan sepenuhnya pengawasan, tugas itu sudah mereka lakukan mulai hari ini sejak dilantik," paparnya.(anjani)

Editor: Yatti Chahyati

artikel terkait

dewanpers