web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Bandung Kota dengan Relawan Damkar Terbanyak di Indonesia

Selasa, 15 Maret 2016 13:54 WIB Yatti Chahyati

DAMKAR : Wlai Kota Bandung, saat hadiri HUT Damkar tingkat Kota Bandung ke 97, di lapangan Tegalega. (https://pbs.twimg.com/media/Cdjt0zAVAAAn-6_.jpg:large

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berharap kolaborasi antara warga dan petugas pemadam kebakaran, bisa menjadi satu cara untuk atasi bencana lebih cepat.

"Karena satu-satunya kota dengan jumlah relawan paling banyak adalah di Kota Bandung, jadi ya harapannya jika ada bencana tidak menunggu sampai petugas datang," ujar lelaki yang akrab disapa Emil ini kepada wartawan, Selasa (15/3/2016).

Herapan Emil ini, disampaikan dalam acara peringatan HUT Damkar tingkat Kota Bandung ke 97, di lapangan Tegalega.

Emil menyampaikan harapannya, dengan banyaknya rekawan Damkar yang mencapai 13.800 orang, bisa membuat masyarakat semakin sadar akan bahaya bencana.

"Sehingga masyarakat bisa mencegah terjadinya bencana, yang pada gilirannya bisa mengurangi bencana di Kota Bandung," harap Emil.

Emil menilai ini penting kolaborasi dengan warga, sehingga petugas pemadam kebakaran tidak terlalu kerepotan dalam menanggulang bencana.

Karena, meski namanya petugas pemadam kebakaran, namun fungsi mereka bukan hanya mengatasi kebakaran. Melainkan semua bencana yang terjadi di Kota Bandung ikut teratasi.

"Sama juga. Kalau namanya bencana kita enggak memilah-milah. Ada bencana banjir seperti di Bandung Selatan, ada urusan karena gempa kebakaran dan lain-lain. Tapi dalam pembacaan pidato ada 12 jenis bencana. Semuanya menjadi kewajiban tanggung jawab damkar," papar Emil. (anjani)

Editor: Yatti Chahyati

artikel lainnya

dewanpers