web analytics
  

Cari Event dan Komunitas di Bandung? Pake Aplikasi Ini

Rabu, 10 Februari 2016 15:44 WIB Editor Ayobandung
Bisnis - Event, Cari Event dan Komunitas di Bandung? Pake Aplikasi Ini, aplikasi, kamana, even, bandung, pencarian even, ITB, karya,smartphone

APLIKASI : Karya mahasiswa ITB aplikasinya Kamanna, sebuah aplikasi smartphone yang membantu anda menunjukkan event dan komunitas yang ada di Bandung. (Agung/AyoBandung.com)

 

BANDUNG, AYOBANDUNG.com - Anda sering kebingungan saat mencari komunitas dan event di Bandung? Atau Anda ingin mempromosikan event atau komunitas Anda?

Tak perlu bingung lagi, sekelompok mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) tengah mengerjakan sebuah aplikasi yang akan membantu memecahkan kebingungan Anda tersebut.

Nama aplikasinya Kamanna, sebuah aplikasi smartphone yang membantu Anda menunjukkan event dan komunitas yang ada di Bandung.

Erdy Suryadarma, Founder Kamanna App mengatakan banyak orang yang kebingungan saat mencari event dan komunitas, padahal faktanya event dan komunitas tersebut sangat banyak.

"Dari isu yang dirasakan sehari-hari sekitar 97% orang mengaku kebingungan menentukan tempat yang dituju, padahal banyak komunitas yang memiliki jenis kegiatan yang berbeda dan bervariasi," kata Erdy kepada ayobandung, Rabu (10/2/2016).

Dengan latar belakang tersebut, Erdy bersama rekan-rekannya yang lain akhirnya memiliki ide membuat suatu aplikasi yang menjembatani antara orang-orang dengan event dan komunitas yang ditujunya.

"Aplikasi Kamanna ini berusaha menghubungkan orang-orang dengan komunitas dan event, yang memiliki komunitas dan event pun bisa mempromosikan kegitatan mereka di aplikasi Kamanna," ujarnya.

Menurut Erdy, mereka juga bekerja sama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung dengan program Mapping Komunitas agar komunitas diakui secara resmi oleh Dispora.

"Manfaatnya kalo event, bisa didatang lebih banyak orang, kalo komunitas bisa diakui resmi sehingga jejaring dan kesempatan berkolaborasi dengan komunitas sejenis dan lintas kategori bisa terwujud," katanya.

Tapi Anda perlu bersabar, aplikasi ini masih dalam tahap pengembangan, agar meminimalisir bug yang ada, sehingga pengguna lebih nyaman memakai aplikasi Kamanna.

"Saat ini belum launching, masih dalam tahap penyempurnaan, rencananya kita akan coba di smartphone Android dan iOS dulu, kemungkinan Maret 2016 kita akan launching aplikasinya," ucap Erdy.

Penamaan aplikasi Kamanna tersebut berasal dari kata "ke mana" dalam Bahasa Sunda, serta penambahan huruf n agar terdapat penekanan dalam mengatakannya.

"Kalo dalam bahasa Sunda kamana doang akan biasa pengucapannya, sedangkan kalo ditambah dua huruf n, akan jadi kamanna dengan penekanan saat diucapkan," ujarnya.

Erdy menambahkan bagi komunitas yang ingin segera terdaftar di database Kamanna, untuk saat ini bisa membuka we kamanna.co dan mendaftarkan komunitasnya agar saat di-launching, profil komunitas bisa tampil.

"Untuk saat ini, sudah banyak komunitas yang mendaftar dan masuk database kami, setelah didata ada sekitar 900 komunitas di Bandung," pungkas Erdy. (Agung)

Editor: Editor Ayobandung

artikel terkait

dewanpers