web analytics

192 Mantan eks Gafatar Sudah Sampai di Balai Dinsos Cimahi

clockSelasa, 26 Januari 2016 20:38 WIB userYatti Chahyati
Bandung Raya - Bandung, 192 Mantan eks Gafatar Sudah Sampai di Balai Dinsos Cimahi, dinsos jabar, eks gafatar, ditampung, cimahi, gafatar

TIBA : Ratusan eks Gafatar, tiba di tempat penampungan milik Dinsos Pemprov Jabar di Cimahi, Selasa (26/1/2016) malam. (Guntur/AyoBandung)

BANDUNG, AYOBANDUNG.com - Sebanyak 192 orang anggota eks organisasi Gerakan Fajar Nusantara alias Gafatar, tiba di tempat penampungan sementara milik Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jawa Barat di Jalan Amir Machmud Kota Cimahi, Selasa (26/1/2016) malam.

Rencannya, seluruhnya mantan anggota Gafatar itu akan ditempatkan di Balai Pemberdayaan Sosial Bina Remaja yang masih berada di lingkungan Kantor Dinas Sosial Pemprov Jabar.

Dari pantauan, 192 mantan anggota Gafatar diangkut dengan menggunakan empat bus dari Bambu Apus Jakarta. Tiba di Cimahi sekitar jam 18.30 WIB, ratusan mantan anggota Gafarat ini turun dari bus dengan pengawalan ketat pihak kepolisian lalu diantarkan ke sebuah aula yang telah disiapkan.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial di Dinsos Provinsi Jawa Barat, Tatang Subarna mengungkapkan, berdasarkan data dari pihak Kementrian Sosial ternyata hari ini pihaknya menerima 192 mantan anggota Gafatar.

"Ada 192 orang yang kita tampung di sini, fokus kita sekarang adalah menampung dulu karena mereka sudah cape menempuh perjalan cukup lama dari Jakarta, setelah didata mereka akan langsung masuk balai agar bisa segera beristirahat," tutur Tatang.

Sesuai instruksi Gubernur Jabar, selama 5 sampai 7 hari ditampung di balai ini semua kebutuhan ratusan mantan anggota eks Gafatar akan dipenuhi. Bagi yang mempunyai balita, sudah disiapkan popok, susu bayi dan lain sebagainya.

"Tidak perlu khawatir, semuanya sudah disiapkan kebutuhan untuk 400 orang, begitupun jika ada yang sakit kita sudah siapkan tenaga medis dari provinsi, dapur umum juga sudah ada, " ujarnya.

Karena masih dalam pendataan, untuk saat ini paling balai untuk perempuan dan laki-laki dipisah. Baru setelah identitasnya diketahui, ke depannya bisa saja dalam satu wisma bisa ditempati oleh satu keluarga, "Ada 3 balai yang kita siapkan, kira-kira bisa nampung sampai 250 orang karena kemungkinan jumlahnya nanti bisa bertambah, " katanya.

Untuk selanjutnya pada keesokan harinya, kata Tatang, terhadap 192 mantan anggota Gafatar ini akan diberikan pembinaan seperti trauma helling dan conselling yang turut bekerjasama dengan dinas sosial di Bandung.

"Sudah ada jadwal yang kita buat, untuk pembinaan bagi mereka seperti pembekalan tentang wawasan kebangsaan dan wawasan keagamaan sebelum dikembalikan lagi ke daerahnya, "ungkapnya.

Lalu mengenai lahan pekerjaan, Tatang menyebutkan, hal itu belum terpikirkan sampai saat ini karena satu hal yang menjadi fokus perhatiannya adalah bagaimana memberikan pelayanan sebaik-baiknya terhadap para mantan eks Gafatar ini.

Masih kata Tatang, untuk warga yang bukan asal Jawa Barat nanti akan dirumuskan bagaimana ke depannya karena memang ada eks Gafatar yang berasal dari luar daerah.

"Termasuk juga bagi mantan anggota Gafatar yang tidak mau pulang, nanti mungkin ada keterangan lanjutan penanganannya seperti apa, yang paling penting sekarang adalah penanganan yang sudah datang dulu, " tambahnya.

Apakah pihaknya memperbolehkan anggota keluarga mantan Gafatar ini menjenguk dan membawa pulang, Tatang hanya memperbolehkan pihak keluarga membawa pulang sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

"Harus sesuai prosedur, keluarga penjemput hanya diperbolehkan membawa pulang setelah mereka mendapatkan pembinaan di kita antara 5 sampai 7 hari ke depan, " tandasnya. (guntur)

Editor: Yatti Chahyati

terbaru

Sekolah Kembali Online, Waspada Anak Alami Penurunan Kemampuan Akademi...

Bandung Sabtu, 24 Juli 2021 | 17:43 WIB

Praktisi psikologi mengungkapkan, anak, remaja, dan dewasa akan mengalami berbagai macam gangguan kesehatan mental di te...

Bandung Raya - Bandung, Sekolah Kembali Online, Waspada Anak Alami Penurunan Kemampuan Akademik, Belajar Online,dampak belajar online,efek belajar online,penurunan kemampuan akademik,kemampuan akademik,DP3A Kota Bandung

Warga Bandung Diminta Tidak Lakukan Aksi 24 Juli

Bandung Sabtu, 24 Juli 2021 | 16:07 WIB

Kapolrestabes Bandung Kombes Ulung Sampurna Jaya meminta masyarakat tidak melakukan aksi pada 24 Juli 2021. Pasalnya aks...

Bandung Raya - Bandung, Warga Bandung Diminta Tidak Lakukan Aksi 24 Juli, Demo 24 Juli 2021,Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya,Polrestabes Bandung,Demo Jokowi End Game

CEK FAKTA: Tidak Benar Ketua BEM Unpar sebagai Otak Aksi Rusuh 24 Juli...

Bandung Sabtu, 24 Juli 2021 | 13:09 WIB

Tidak Benar Ketua BEM Unpar sebagai Otak Aksi Rusuh 24 Juli 2021

Bandung Raya - Bandung, CEK FAKTA: Tidak Benar Ketua BEM Unpar sebagai Otak Aksi Rusuh 24 Juli 2021, aksi rusuh 24 juli,cek fakta aksi rusuh 24 juli,otak aksi rusuh 24 juli,Universitas Parahyangan (Unpar),Taffarel Giovanni Montero

Warna-Warni Perayaan Wisuda Juli ITB 2021

Bandung Sabtu, 24 Juli 2021 | 12:17 WIB

Perayaan Wisuda Juli Institut Teknologi Bandung 2021 telah sukses digelar mulai dari tanggal 3 Juli 2021 hingga 18 Juli...

Bandung Raya - Bandung, Warna-Warni Perayaan Wisuda Juli ITB 2021, wisuda ITB 2021,warna-warni wisuda itb 2021,wisuda itb,perayaan wisuda itb 2021

Peringati Hari Anak, Kasus Kekerasan terhadap Anak di Kota Bandung Mal...

Bandung Sabtu, 24 Juli 2021 | 11:56 WIB

Peringati Hari Anak, Justru Kasus Kekerasan terhadap Anak di Kota Bandung Malah Meningkat

Bandung Raya - Bandung, Peringati Hari Anak, Kasus Kekerasan terhadap Anak di Kota Bandung Malah Meningkat, kekerasan terhadap anak,Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak (DP3A,Kasus kekerasan pada anak,peringatan Hari Anak Nasional 2021

Tips Berkendara Membawa Barang di Sepeda Motor

Bandung Sabtu, 24 Juli 2021 | 09:15 WIB

Ini Tips Berkendara Membawa Barang di Sepeda Motor

Bandung Raya - Bandung, Tips Berkendara Membawa Barang di Sepeda Motor, yamaha,tips bawa barang,Yamaha Riding Academy (YRA)

Cuaca Bandung Hari Ini Pagi Cerah Berawan, Siang dan Sore Hari Hujan

Bandung Sabtu, 24 Juli 2021 | 05:17 WIB

Sabtu, 24 Juli 2021 Cuaca Bandung Pagi Cerah Berawan, Siang dan Sore Hujan

Bandung Raya - Bandung, Cuaca Bandung Hari Ini Pagi Cerah Berawan, Siang dan Sore Hari Hujan, Cuaca Bandung Hari Ini,Cuaca Bandung,Prakiraan Cuaca Bandung,cuaca Bandung BMKG

Jadwal Salat Wilayah Kota Bandung dan Sekitarnya, Sabtu, 24 Juli 2021

Bandung Sabtu, 24 Juli 2021 | 04:58 WIB

Jadwal salat untuk wilayah Kota Bandung dan sekitarnya, Sabtu, 24 Juli 2021 dilansir dari situs Kementerian Agama.

Bandung Raya - Bandung,  Jadwal Salat Wilayah Kota Bandung dan Sekitarnya, Sabtu, 24 Juli 2021, Jadwal Salat,jadwal salat di Bandung,Jadwal Salat Kota Bandung

artikel terkait

dewanpers
arrow-up