web analytics
  

Dua Gerbong Kereta Api Terbakar di Jalan Industri

Sabtu, 2 Januari 2016 22:28 WIB Yatti Chahyati
Bandung Raya - Bandung, Dua Gerbong Kereta Api Terbakar di Jalan Industri, kebakaran gerbong kereta api, bengkel kereta api, jalan industri

ilustrasi (http://img.lensaindonesia.com)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM  - Dua gerbong kereta api terbakar di Jalan Industri, yang merupakan bengkel PT KAI, Sabtu (2/1/2016).

Hingga saat ini tidak diketahui apa penyebab terbakarnya dua gerbong itu, dan masih diselidiki oleh pihak kepolisian.

Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Pol Sulistyo Pudjo Hartono mengatakan, pihaknya sedang melakukan olah tempat kejadian perkara, sterilisasi area dan mengumpukan keterangan saksi , untuk kepentingan penyelidikan.

"Sampai dengan saat ini kegiatan olah TKP (tempat kejadian perkara) dan pulbaket (pengumpulan bahan keterangan) seputar kejadian kebakaran masih berlangsung," kata Pudjo.

Ia menuturkan dua gerbong yang terbakar yakni gerbong KI 0 6614 dan gerbong MP 2 06403 yang terjadi sekitar pukul 14.00 WIB.

Gerbong yang sedang dalam pemeliharaan pegawai bengkel itu, kata Pudjo, tiba-tiba terlihat ada percikan api yang langsung membakar gerbong tersebut.

"Saat para pegawai bengkel PT KAI sedang melakukan kegiatan 'maintenance' kedua gerbong tiba-tiba ada percikan api dari genset di dalam gerbong," katanya.

Selanjutnya pegawai bengkel mencoba memadamkan api dengan tabung pemadam yang sudah tersedia di gerbong dan bengkel PT KAI.

Namun upaya pemadaman itu tidak berhasil, api terus membesar hingga petugas mengalami kesulitan untuk memadamkannya.

"Gerbong kemudian ditarik keluar bengkel ke arah timur untuk menghindari merembetnya api ke gerbong dan area bengkel lainnya," kata Pudjo.

Api berhasil dipadamkan satu jam lebih oleh petugas pemadam kebakaran dengan menerjunkan empat unit mobil Damkar.

"Empat mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi dan langsung melakukan upaya pemadaman api di kedua gerbong tersebut, sekira pukul 15.15 WIB api berhasil dipadamkan," katanya. (*)

Editor: Yatti Chahyati
dewanpers