web analytics
  

Empat Makanan Ini Bakal Buat Otak Lebih Encer

Selasa, 15 Desember 2015 10:29 WIB Editor Ayobandung
Gaya Hidup - Sehat, Empat Makanan Ini Bakal Buat Otak Lebih Encer,  jenis makanan peningkat daya ingat, kunyit, berry, bayam, kakao

JENIS : Inilah empat jenis makanan peningkat daya ingat (http://www.safebee.com)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM - Semakin bertambah usia, daya ingat kita kabarnya akan semakin berkurang. Nah empat jenis makanan ini, dibuktikan para peneliti bisa membuat otak lebih encer untuk menambah daya ingat.

Apa saja empat jenis makanan itu, berikut jenis makanannya, seperti dikutip dari safebee :

1.Kunyit

Kunyit, yang pedas, sedikit pahit bukan hal baru dalam dunia kuliner Indonesia. Salah satu jenis rempah-rempah ini memang cukup populer di India, Cina dan Tenggara termasuk Indonesia. Mengandung kurkumin, senyawa antioksidan yang dikenal untuk memerangi peradangan dalam tubuh ini dikatakan para penelitian menunjukkan kunyit juga dapat melindungi memori, terutama ketika kelupaan terkait dengan kadar gula darah tinggi.

Para peneliti di Taiwan diuji memori kerja, yang merupakan aspek penting dari memori jangka pendek itu barometer baik berpikir dan kemampuan penalaran. Dalam tes yang lebih tua subjecst dengan pra-diabetes.

Kemudian para peneliti itu memberi mereka sebuah kapsul 1 gram kunyit dan yang lainnya kapsul daya ingat. Enam jam kemudian para peneliti mengulangi tes, ternyata memori pada orang-orang yang mengambil kunyit, justru lebih meningkat.

"Peningkatan memori kerja adalah sekitar sepuluh persen jika memakan kunyit . Jelas kunyit itu menguntungkan," kata Mark Wahlqvist, MD, penulis utama dari studi dan kepala pengobatan di Monash University di Melbourne, Australia.

Menurut Wahiqvist, Anda perlu menambahkan hanya sedikit rempah-rempah ini - 1 gram, atau sekitar 1 ¼ sendok teh setiap hari untuk mendapatkan manfaat otak. “Taburkan pada beras, campurkan sedikit ke dalam orak-arik telur, aduk beberapa ke dalam sup. Tidak seperti ekstrak kurkumin, dan tentunya kunyit sangat aman." ujarnya.

2. Bayam atau kangkung, sawi

Sayuran hijau gelap ditandai "makanan super" karena suatu alasan adalah “Mereka padat gizi," yang berarti mereka memberikan lebih banyak nutrisi per forkful daripada kebanyakan makanan lainnya.

spinachMartha Clare Morris, ScD, epidemiologi yang mengembangkan pencegahan pikiran diet Alzheimer, memusatkan perhatian pada komponen tersebut, sayuran berdaun hijau bisa memperlambat penurunan kemampuan kognitif dan memori yang terjadi dengan penuaan

Ketika timnya melacak diet dan kemampuan kognitif dari 954 orang selama lima tahun, mereka menemukan orang-orang yang makan 1-2 porsi sayuran sehari memiliki kekuatan otak orang satu dekade lebih muda dari pada yang tidak makan sayuran berdaun hijau.

Komponen makanan ini yang mungkin melindungi terhadap kehilangan memori dan perubahan lain dalam fungsi otak vitamin K, lutein, folat dan beta-karoten, Morris melaporkan pada pertemuan American Society for Nutrition.

Lambat otak penuaan dengan menempatkan hijau di piring Anda atau di smoothie Anda, Dr. Morris menyarankan mendapatkan "Sekitar satu porsi sehari, enam hari seminggu. Satu porsi adalah satu cangkir sayuran segar atau satu-setengah cangkir dimasak hijau."

3. Kakao

Cocoa panas kaya senyawa antioksidan yang disebut flavonol, yang muncul untuk membantu memperlambat hilangnya memori yang berkaitan dengan usia.

Dalam sebuah penelitian, para ilmuwan di Universitas Columbia digunakan MRI dan tes memori untuk mengevaluasi efek dari flavonol kakao. Selama tiga bulan, para peserta studi 50- 69 tahun dibagi menjadi dua kelompok.

Satu kelompok mengambil di 900 miligram per hari dari flavonol kakao melalui minuman khusus. Kelompok yang lain mendapat hanya 10 miligram per hari. Kelompok tinggi flavonol tidak hanya mencetak secara signifikan lebih baik pada tes memori, tetapi bagian dari otak mereka yang berhubungan dengan memori - dentate gyrus - berfungsi lebih baik juga.

Demikian pula, dalam sebuah penelitian di Italia, 90 orang tua minum tinggi, menengah atau rendah-flavonol kakao minuman setiap hari selama delapan minggu. Ketiga kelompok menunjukkan perbaikan dalam tes fungsi kognitif, tetapi skor kelompok dosis tinggi yang menduduki sisanya.

4. Berries

Blueberries ternyata mampu meningkatkan kekuatan otak Anda.

Penelitian hewan telah menunjukkan blueberry dapat membantu kesehatan meningkatkan otak, berkat antosianin, flavonoid yang memberikan buah warna biru mereka. Sekarang sebuah studi baru, yang disponsori oleh National Institute of Mental Health, menyarankan blueberry dapat melakukan hal yang sama untuk otak manusia.

Dalam penelitian, relawan minum 15-21 ons jus blueberry liar setiap hari selama 12 minggu, yang disesuaikan dengan berta badannya. Pada akhir 12 minggu, skor peserta tes recall kata dan kemampuan belajar meningkat secara signifikan.

Untuk mendapatkan manfaat otak jus blueberry, peneliti utama Robert Krikorian, PhD, seorang profesor psikiatri di University of Cincinnati College of Medicine, mengatakan minum satu setengah cangkir untuk satu dua sampai tiga kali seminggu harus melakukan trik. Sejak tingkat antosianin dalam jus blueberry cenderung turun jika disimpan di lemari es terlalu lama, jadi langsung meminumnya adalah cara terbaik untuk mendapatkan khasiatnya. (*)

Editor: Editor Ayobandung
dewanpers