web analytics
  

4 Sehat 5 Sempurna Dihapuskan di Bandung

Kamis, 3 Desember 2015 13:56 WIB Yatti Chahyati
Bandung Raya - Bandung, 4 Sehat 5 Sempurna Dihapuskan di Bandung, makanan sehat, 4 sehat 5 sempurna, kota bandung, pangan, pengganti nasi

ilustrasi (http://lh6.ggpht.com/)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM - Di Bandung nanti tidak akan ada lagi istilah empat sehat lima sempurna, karena akan diganti menjadi B2SA.

Apa B2SA, istilah itu mengandung arti makanan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman.

" Karena konsep empat sehat lima sempurna, tidak sepenuhnya benar. Misalnya, orang yang tidak minum susu merasa tidak sempurna," ujar ‎Ketua pusat Penganekaragaman Konusmsi dan Keamanan Pangan Badan Ketahanan Pangan Kementrian Pertanian, ‎ Sri Sulihanti, kepada wartawan, Kamis (3/12/2015).

Sri mengatakan, dalam konsep empat sehat lima sempurna juga tidak disinggung mengenai komposisi gizi yang seharusnya dikonsumsi.

" Karena sebenarnya, jika kebanyakan gizi juga tidak baik," tambah Sri.

Yang juga harus diperhatikan menurut Sri adalah keragaman pangan terutama penganti nasi.

Menurut Sri, ada setidaknya 77 jenis Karbohidrat pengganti nasi. " Sebaiknya pengganti nasi, bukan makanan berbahan dasar terigu. Lebih baik umbi-umbian," terangnya.

Memang, kata Sri awalnya, menganti nasi dengan sumber karbohidrat lain, seperti dipaksakan. Namun, jika sudah biasa maka akan lebih merasa nyaman karena akan lebih merasa sehat.

Sri juga menghimbau kepada seluruh pengusaha hotel dan restoran untuk lebih kreatif dalam mencari makanan sumber karbohidrat pengganti nasi. (anjani)

(Baca juga : Sulitnya Hilangkan Kebiasaan Belum Makan Nasi, Belum Makan )

Editor: Yatti Chahyati

artikel terkait

dewanpers