web analytics
  

Dewan Dukung Ijin IMB Harus Lolos Green Building

Senin, 21 September 2015 19:11 WIB
Umum - Regional, Dewan Dukung Ijin IMB Harus Lolos Green Building, Ridwan Kamil, Emil, IMB, bangunan, green building,dewan,komisi c

Ilustrasi

Bandung- Menanggapi rencana pembuatan peraturan wali kota (perwal) tentang green building sebagai salah satu syarat pembuatan izin mendirikan bangunan (IMB),  Sekertaris Komisi C DPRD Kota Bandung Rendiana Awangga menyambut baik rencana Wali Kota Bandung.

Ia menilai jika rencana tersebut merupakan tindaklanjut dari Peremepupera ( Peraturan Menteri PU dan Perumahan Rakyat) 02/PRT/M/2015. Saat ini peraturan baru itu tengah dalam tahap sosialisasi.

‎"Jadi saya pikir itu bagus dan tidak ada masalah karena secara nasional juga dilakukan sosialisasi dan Bandung jadi salah kota percontohan dengan beberapa kota lain di Indonesia dalam penerapan green building," ucap Awang.‎

Selain itu, kata Awang, dalam Peraturan Daerah (Perda)Kota Bandung nomor 05/2015 tentang bangunan gedung, juga mengatur sejumlah persyaratan menyangkut pembangunan gedung. "Salah satunya kan soal koefisien dasar hijau yang mengharuskan 10%," kata dia.

Setelah dibuat lanjut Awang kemudian harus dilakukan adalah konsistensi Pemkot Bandung dalam menerapkannya. ‎

" Jangan sampai tidak dilakukan pengawasan dalam setiap pembangunan yang dilakukan di kota ini. Harus diikuti dengan sanksi jika terjadi pelanggaran," ujarnya.‎

Karena menurut dia, hingga saat ini belum banyak para pelanggar yang ditindak. Contohnya saja baru Mal Paris Van Java yang diberi sanksi. "Ada pembongkaran, tapi sudah sejauh mana kita belum tahu. Kemudian anggaran pembongkaran itu membutuhkan biaya besar. Dalam aturan memang dibebankan kepada pelanggar. Tapi kenyataanya banyak yang tidak dilakukan," ucap dia.

Untuk itu kedepan pihaknya menyarankan, sebelum keluar IMB agar para pengembangan harus terlebih dahulu memenuhi syarat-syarat teknis sesuai dengan aturan yang berlaku. "Harus ada pengawasan. Sebelum IMB keluar harus memenuhi syarat-syaratnya dulu," ujarnya.

Ia menambahkan dalam penerapan green buliding ini, setiap bangunan yang ada maupun yang akan dibangun harus mampu melakukan penghematan energi, memiliki pengolahan limbah, melakukan pengolahan sampah dengan 3R (reuse, reduce, recycle). "Konservasi energi intinya," tandas dia.(anjani)

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Editor Ayobandung.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Yatti Chahyati

artikel terkait

dewanpers