web analytics
  

10 Negara Paparkan Keselamatan Berkendara di ITB

Senin, 21 September 2015 14:03 WIB Yatti Chahyati
Gaya Hidup - Komunitas, 10 Negara Paparkan Keselamatan Berkendara di  ITB, ITB, keamanan bekendara, 10 negara, kecelakaan berkendaraan

KENDARAAN: Indonesia menjadi salah satu negara dengan tingkat kecelakaan yang masih tinggi, membahas itu ITB mengundang 10 negara untuk mepresentasikan kemanan berkendara. (danny/ayobandung)

Bandung- Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung bekerjasama dengan Malaysian Institute of Road Safety Research dan ASEAN New Car Assessment Program menggelar konferensi ASEAN Automobile Safety Forum ke-3 pada 20-22 September 2015, di Aula Timur ITB Kota Bandung.

"Ada 10 negara yang akan memaparkan hasil riset mereka di forum ini dan kami dari ITB juga akan memaparkan risetnya. Dari luar negeri itu seperti Malaysia, Jepang, Inggris," kata Ketua Pelaksana Konferensi ASEAN Automobile Safety Forum ke-3 Tahun 2015, Sigit P Santosa, di Bandung, Senin(21/9/2015).

Menurut dia, alasan diselenggarakannya acara tersebut karena tingkat kematian akibat kecelakaan kendaraan bermotor di sejumlah negara, terutama di Indonesia tergolong masih tinggi.

"Angka kematian akibat kecelakaan kendaraan bermotor itu di kita menempati urutan ketiga. Data dari Korlantas Mabes Polri dari tahun 2011 saja mencapai 31 ribu," kata dia.

Ia menuturkan tingginya angka kematian akibat kecelakaan kendaraan bermotor salah satunya dikarenakan di Indonesia belum ada regulasi tentang keselamatan dalam berkendara.

Melalui forum ini, pihaknya ingin hasil riset yang dibahas dan ditampilkan dalam acara tersebut bisa menurunkan angka kematian akibat kecelakaan kendaraan bermotor.

"Hasil akhir dari kegiatan ini adalah kami ingin masalah keselamatan transportasi ini menjadi topik yang benar-benar diperhatikan oleh semua pihaknya," kata dia.

Ia mengatakan tema dari AASF-003 2015 adalah "International Conference on Southeast Asia's Decade of Action for Road Safety: Safer Vehicles".

Sejumlah topik tentang keselamatan berkendara akan ditampilkan pada acara tersebut seperti vehicle safety development, accident reconstructions, Structural crashworthiness for automotive applications, Occupant protection for automobiles.

Kemudian crash avoidance technology, vehicle electrification and safety system, accident statistical data analysis, ASEAN NCAP and Industry, aafer mobility dan motorcycle friendly vehicles.(*)

   

 

Editor: Yatti Chahyati

artikel terkait

dewanpers